Pasca-Pandemi, Pembangunan Sektor Pertanian Wajib Jadi Perhatian Utama

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
19 Mei 2020, 12:41
Kementan
Katadata

Ketua Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (IPB), Sahara menilai sektor pertanian saat ini menjadi tulang punggung ekonomi nasional, terutama dalam menghadapi pandemi Covid 19. Menurut dia, hal itu terlihat dari pertumbuhan ekspor pertanian yang selalu meningkat.

 

"Saat sektor lain mengalami perlambatan, sektor pertanian tetap menunjukan kinerja yang positif. Bisa dikatakan sektor pertanian menjadi penyelamat bagi perekonomian indonesia, terutama seperti sekarang ini, dimana kita sedang menghadapi wabah pandemi," ujar Sahara saat dihubungi, Selasa (19/5).

 

Karena itu, kata Sahara, pasca pandemi covid-19 nanti, fokus pembangunan pada sektor pertanian dan industri hilirnya wajib menjadi perhatian utama bagi semua pemangku kebijakan. Sahara menilai, langkah ini perlu dilakukan mengingat nilai ekspor pertanian selalu berada dalam posisi positif.

 

"Misalnya Industri hilir pada sektor pertanian perlu difokuskan terutama untuk meningkatkan nilai tambah di sektor pertanian. Pemerintah harus lebih memberikan perhatian yang lebih karena perekonomian kita terselamatkan," tandasnya.

 

Halaman:
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement