Mentan: Pangan Harus Dikelola dengan Sungguh-sungguh

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
1 Januari 1970, 07:00
Kementerian Pertanian
Katadata

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada Rapat Kerja bersama Komisi IV DPR RI menegaskan  tetap berkomitmen menyediakan pangan bagi 267 juta penduduk dengan mencanangkan target beberapa komoditas pada 2021.

 

Menurut Syahrul, persoalan pangan sangat penting dan harus dikelola sungguh-sungguh. Karena itu, pernyataan Syahrul di tengah rapat, untuk mundur sebagai menteri jika target diturunkan, dimaknai sebagai ketidakrelaan atas penurunan target produksi pangan yang disampaikan beberapa pihak.

"Bila ada yg berpikir menurunkan target produksi, saya berdiri paling depan menolak. Buat saya petani dan rakyat harus dibela kepentingannya. Rakyat pangannya harus kita cukupi dengan tangan kita sendiri," tegas Syahrul di Komplek Parlemen DPR RI, Senin (22/6).

Syahrul mengatakan, produksi pangan wajib hukumnya dipenuhi dengan upaya negara sendiri. Bukan bergantung dari ketersediaan impor, Syahrul bertekad terus meningkatkan produksi nasional, khususnya pangan strategis. 

 

Mentan  mengakui, pandemi Covid-19 secara langsung maupun tidak langsung menjadi ancaman dan tantangan bagi upaya menjamin ketersediaan pangan. Karena distribusi pangan dan kapasitas produksi menurutnya mengalami gangguan.  

“Tapi kami di Kementan bersama para pejabat kementan, para Gubernur, Bupati, Camat dan para petani tetap optimis dengan target yang sudah kami tetapkan. Karena ini merupakan kebutuhan nasional,” ujarnya.

Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...