Penjualan Kendaraan Astra Anjlok

Industri otomotif tertekan akibat lesunya daya beli masyarakat
Image title
Oleh
18 Mei 2015, 08:54
astra-otoparts-industri-mobil.jpg

KATADATA ? PT Astra International Tbk (ASII) mencatatkan penurunan penjualan kendaraan pada Januari-April. Berdasarkan data yang dirilis akhir pekan lalu, penjualan mobil anjlok 20 persen dan sepeda motor turun 14 persen.

Penurunan penjualan terjadi pada semua merek mobil di bawah Astra, yakni Toyota, Daihatsu, Isuzu, Peugeot, UD Trucks, serta Agya dan Ayla. Untuk sepeda motor, Astra menaungi merek Honda.

Pada Januari-April, Astra mencatatkan penjualan mobil 183 ribu unit, lebih rendah daripada Januari-April 2014 yang sebanyak 230 ribu unit. Bahkan UD Trucks sama sekali tidak membukukan penjualan pada periode tersebut. Penjualan sepeda motor Astra juga turun dari sebelumnya 1,69 juta unit menjadi 1,46 juta unit.

Merosotnya penjualan Astra terjadi seiring dengan tren penurunan kinerja industri. Pasar mobil domestik pada Januari-April 2015 anjlok 16 persen menjadi hanya 363.945 unit. Hal yang sama terjadi pada pasar sepeda motor nasional yang anjlok 21,1 persen menjadi 2,12 juta unit pada empat bulan pertama tahun ini.

Advertisement

Analis dari PT Investa Saran Mandiri, Hans Kwee, menyatakan industri otomotif tertekan akibat lesunya daya beli masyarakat. Kenaikan harga bahan bakar minyak menjadi salah satu faktor utamanya. Rendahnya pertumbuhan ekonomi, hanya 4,7 persen pada kuartal I, menjadi indikator paling jelas untuk melihat rendahnya penjualan sejumlah komoditas utama. "Termasuk otomotif," ujar Hans seperti dikutip Koran Tempo, Senin (18/5).

 

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait