Dana Desa Diusulkan Naik Rp 20 Triliun

Dengan anggaran Rp 29 triliun setiap desa akan mendapatkan Rp 340 juta
Image title
Oleh
23 Desember 2014, 10:52
Desa KATADATA|Agung Samosir
Desa KATADATA|Agung Samosir
Dana desa diusulkan Rp 29 triliun dalam RAPBN-P 2015

KATADATA ? Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi telah mengusulkan anggaran dana desa sebesar Rp 29 triliun, dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2015. Sebelumnya, dalam APBN 2015, anggaran dana desa ditetapkan hanya Rp 9,07 triliun.

?Saya sedang berusaha supaya (dana desa) ditambah lagi, sehingga dana yang kami berikan kepada daerah itu signifikan besarnya,? kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Djafar, seperti dikutip harian Investor Daily, Selasa (23/12).

Marwan mengatakan jika dana desa sebesar Rp 9,07 triliun, maa setiap desa hanya mendapatkan Rp 120-an juta untuk tahap pertama. Butuh waktu paling lambat tiga tahun untuk mempercepat target Rp 1,4 miliar per desa.

Sementara dengan anggaran Rp 29 triliun, setiap desa akan mendapatkan Rp 340 juta pada tahap pertama. Dengan begitu, target Rp 1,4 miliar per desa akan bisa ditempuh dengan waktu yang singkat.

Advertisement

Menurut dia, ini tergantung dari kemampuan fiskal negara. Akan tetapi, karena sifatnya mandatory, maka negara wajib memberikan dana desa tersebut.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait