Jokowi Umumkan Kabinetnya di Tanjung Priok

Belum diketahui secara pasti jam berapa Jokowi akan mengumumkan namanama tersebut
Image title
Oleh
22 Oktober 2014, 19:01
Joko Widodo KATADATA | CC Harjono
Joko Widodo KATADATA | CC Harjono
KATADATA | Donang Wahyu

KATADATA ?  Presiden Joko Widodo akan segera mengumumkan nama menteri untuk mengisi kabinetnya malam ini (22/10). Jokowi memilih dermaga Terminal Tiga, Tanjung Priok sebagai tempat pengumuman tersebut.

Belum diketahui secara pasti jam berapa Jokowi akan mengumumkan nama-nama tersebut. Hanya saja dari pantauan Katadata, sudah dilakukan persiapan untuk acara tersebut.

Di lokasi, sudah ada panggung berwarna hitam dengan panjang kurang lebih 15 meter untuk Jokowi. Di tengah panggung pun disiapkan satu mic yang menghadap barat, tepat di depan tempat awak media untuk mengabadikan momen tersebut. Sedangkan di sisi kanan dan kiri panggung tersedia audio dan lampu sebagai penerangan. Di belakang panggung terlihat kapal peti kemas, Nord Lion. 

Dalam konferensi pers siang tadi, Jokowi belum mau mengumumkan kapan pengumuman kabinet. Dia hanya mengatakan pengumuman akan dilakukan secepatnya. "Kan saya sudah sampaikan setelah dilantik akan segera secepat-cepatnya saya sampaikan mengenai kabinet. Bisa saja hari ini," tuturnya. 

Jokowi mengatakan ada delapan calon menteri yang diberikan catatan kurang baik oleh Komisi Pemberantasan Korupsi dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). 

"Kemarin kami menyampaikan kepada PPATK dan KPK. Ada delapan nama yang tidak diperbolehkan," ujar Jokowi di kompleks istana kepresidenan, Rabu (22/10) seusai bertemu dengan Kepala BIN, Panglima TNI, KSAL, KSAU, dan KSAD.

Jokowi tidak mau menyebutkan delapan nama yang ditandai merah itu. Dia mengatakan pihaknya sudah mengganti delapan nama yang tidak direkomendasikan itu. "Ya kalau tidak diganti yang mengisi siapa?," kata Jokowi. (Baca: Jokowi Coret 8 Kandidat Menteri yang Masuk Daftar Merah KPK)

Reporter: Arnold Sirait
Editor: Arsip

Video Pilihan

Artikel Terkait