Astra Group Siap Kerek Harga Agya & Ayla

Kedua agen pemegang merek APM itu memenuhi syarat untuk menaikkan harga jual karena sudah setahun memproduksi mobil LCGC
Image title
Oleh
29 September 2014, 10:55
pameran-mobil-murah | KATADATA
KATADATA
KATADATA | Donang Wahyu

KATADATA ? Produsen mobil hemat bahan bakar dan ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) siap-siap menaikkan harga jual. Dari lima produsen mobil LCGC, dua sudah memiliki kesempatan menaikkan harga jual.

Kedua produsen mobil LCGC itu adalah PT Toyota Astra Motor (TAM) dengan merek LCGG Agya dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan merek LGCG Ayla. Kedua agen pemegang merek (APM) itu memenuhi syarat untuk menaikkan harga jual karena sudah setahun memproduksi mobil LCGC.

"Kenaikan harga karena biaya produksi naik akibat inflasi, nilai tukar mata uang asing serta harga bahan bakar naik dan lain-lain," kata Budi Darmadi, Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, seperti dikutip dari Kontan (29/9).

Namun produsen tidak bisa sembarangan mengerek harga mobil LCGC yang baru. harga baru mobil LCGC tetap harus dapat persetujuan Kementerian Perindustrian. "APM mengusulkan Kemenperin mengevaluasi, lalu memberikan persetujuan," kata Budi.

Advertisement

Rencana menaikkan harga jual mobil LCGC sudah disusun oleh TAM untuk merek Agya. "Soal kenaikan harga bisa 6 persen, tergantung kebijakan Toyota," ujar Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran TAM.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait