Empat Kementerian Dipegang Profesional

Dalam berbagai kesempatan Jokowi menyoroti Kementerian ESDM karena terkait dengan mafia
Image title
Oleh
15 September 2014, 19:05
Katadata
KATADATA Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Presiden terpilih Joko Widodo memastikan empat kementerian akan diisi oleh kalangan profesional nonpartai. Keempat kementerian itu antara lain, Kementerian Keuangan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan Pertanian.

?Meski dari partai juga profesional,? kata Jokwi, panggilan akrabnya, saat memberikan keterangan kepada wartawan di Rumah Transisi, Jakarta, Senin (15/9).

Selama ini, kursi menteri ESDM dan pertanian dipegang oleh menteri yang berasal dari partai politik. Pada pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, kursi menteri ESDM dipegang oleh politisi Partai Demokrat Darwin Zahedy Saleh dan kemudian digantikan oleh Jero Wacik. Sementara menteri pertanian dipegang oleh Suswono, politisi Partai Keadilan Sejahtera.

Jokowi, dalam berbagai kesempatan menyoroti Kementerian ESDM karena terkait dengan mafia. Adapun untuk menyelesaikan persoalan itu, dia menilai perlu sosok menteri yang profesional dan tegas dalam melakukan pengawasan.

Advertisement

(Baca: Jokowi Pertahankan 34 Kementerian)

Sementara di bidang pertanian, yang merupakan salah satu visi pemerintahannya, Jokowi menargetkan Indonesia dapat memunculkan varietas unggul. Dia menjanjikan menyediakan lahan pertanian baru, membangun waduk, dan menyediakan pupuk untuk petani.  

Adapun untuk menteri keuangan dan BUMN, selama ini selalu dipegang oleh kalangan profesional non-partai. 

Reporter: Petrus Lelyemin
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait