Dua Anak Soesilo Soedarman Disebut Calon Menteri Jokowi

Indroyono merupakan satusatunya orang Indonesia yang menjadi petinggi yang menangani bidang perikanan di FAO
Image title
Oleh
8 September 2014, 14:58
Joko Widodo KATADATA | Arief Kamaludin
Joko Widodo KATADATA | Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Presiden terpilih Joko Widodo baru akan mengumumkan postur kabinetnya pada pertengahan September ini. Namun sejumlah nama sudah disebut-sebut sebagai calon menteri pada kabinet periode 2014-1019 itu.

Salah satunya adalah Indroyono Soesilo, Direktur Sumberdaya Perikanan & Aquakultur Organisasi Pangan Dunia (FAO). Dalam beberapa survei, namanya digadang-gadang sebagai calon menteri kelautan dan perikanan. Meskipun ada juga yang menyebutnya sebagai calon menteri riset dan teknologi.

Di lingkungan kelautan dan perikanan, Indroyono  bukanlah sosok yang asing. Dia pernah menjadi Dirjen Penyerasian Riset dan Eksplorasi Laut pada 1999-2001, serta Kepala Badan Riset Kelautan dan Perikanan, Departemen Kelautan dan Perikanan periode 2001-2008. Bahkan saat ini dia merupakan satu-satunya   orang Indonesia yang menjadi petinggi yang menangani bidang perikanan di FAO.

Adapun di wilayah riset dan teknologi, namanya pun terkenal mumpuni. Lulusan teknik geologi Institut Teknologi Bandung ini pernah merintis karir di Badan Pengkajian dan Penerapan teknologi (BPPT).

Advertisement

Di badan ini dia merintis pengembangan program remote sensing atau penginderaan jauh yang merupakan bidang penelitiannya saat menempuh pendidikan doktoral di Universitas Iowa, Amerika Serikat. Kepakarannya di bidang penginderaan jauh membuatnya dikukuhkan sebagai ahli peneliti utama di BPPT pada 2004.

Selain disebut dalam sejumlah survei calon menteri, nama Indroyono semakin santer bakal menduduki jabatan menteri setelah Jokowi mengunjungi Museum Soesilo Soedarman di Cilacap saat kampanye pemilihan presiden lalu. Soesilo Soedarman, mantan Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi dan Menko Polhukam, adalah ayah dari Indroyono.

Bahkan Jokowi sempat menyatakan sosok Soesilo Soedarman menjadi inspirasinya, bahwa orang desa bisa menjadi jenderal. ?Sehingga dari desa juga akan ada yang jadi presiden,? tuturnya.

Sebetulnya bukan hanya Indroyono yang diusulkan sebagai menteri di kabinet Jokowi. Adiknya, Triharyo Indrawan Soesilo, juga dinilai cocok menduduki jabatan menteri energi dan sumber daya mineral (ESDM). Saat ini, mantan Direktur Utama PT Rekayasa Industri dan Komisaris Pertamina menjabat sebagai President & CEO Supreme Energy.

(Baca: Berani Lawan Mafia, Ini Calon Alternatif Menteri ESDM)

Triharyo, yang akrab dipanggil Hengki ini memiliki kapabilitas yang mumpuni di bidang migas. Menurut Rovicky Dwi Putrohari, Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia, Hengki terkenal sebagai sosok yang lurus.

?Pak Hengki itu seorang engineer untuk oil company dan beliau sangat straight orangnya. Yang penting beliau benar-benar bersih agar bisa selesaikan persoalan mafia,? kata dia.

Kendati begitu, seorang profesional di industri minyak dan gas (migas) mengatakan, Triharyo bakal menolak tawaran menteri ESDM. Ini mengingat lawan yang akan dihadapinya adalah para mafia migas. ?Kalaupun mau dia akan meminta back up yang sangat besar untuk menghadapi mafia migas,? kata dia. 

Reporter: Aria W. Yudhistira
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait