Telkom Agresif Akuisisi di Luar Negeri

Telkom berencana mengakuisisi 30 persen saham padaempat perusahan di Asia Pasifik
Image title
Oleh
27 Agustus 2014, 09:57
Telkom
Arief Kamaludin|KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk makin agresif berekspansi di pasar global. Perseroan berencana membeli sebagian saham dari empat perusahaan telekomunikasi di kawasan Asia Pasifik sepanjang 2014-2015.

Rencananya Telekomunikasi Indonesia akan mengakuisisi 30 persen dari masing-masing perusahaan target, melalui anak usahanya PT Telekomunikasi International Indonesia (Telin). Salah satu perusahaan yang akan diakuisisi adalah operator telekomunikasi terbesar, yang menguasai 60 persen pasar Selandia Baru, yakni Telcom New Zealand.

Dengan menganggarkan belanja modal sebesar Rp 1,5 triliun, perseroan menargetkan akuisisi dua perusahaan di Selandia Baru dan Australia akan selesai tahun ini. Sedangkan dua perusahaan di Asia Pasifik lainnya diharapkan selesai tahun depan.

?Dana (pembelian) masuk belanja modal tahun ini. Ada floating budget di grup Telkom untuk program akuisisi. Ini budget yang fleksibel yang bisa dialokasikan,? ujar Direktur Utama Telin Syarif Syahrial Ahmad, seperti dikutip harian Bisnis Indonesia, Rabu (27/8).

Telkom juga berencana ekspansi ke Timur Tengah pada akhir tahun ini. Untuk investasi ini, perseroan menyiapkan dana sebesar Rp 1 triliun. Selain ke Timur Tengah, Telkom juga akan ekspansi ke Taiwan. Selama ini, perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia itu sudah melebarkan sayap ke Hong Kong, Malaysia, dan China.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
    News Alert

    Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

    Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
    Video Pilihan

    Artikel Terkait