Rekor, Penjualan Mobil Indonesia Mengalahkan Thailand

Rekor ini merupakan yang kedua kalinya bagi Indonesia setelah sebelumnya pernah terjadi pada 2011
Image title
Oleh
26 Agustus 2014, 19:10
Ekspor Mobil
Arief Kamaludin | Katadata
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Sepanjang semester I tahun ini, penjualan mobil Indonesia sudah mengalahkan Thailand. Sejak awal tahun penjualan mobil Indonesia rata-rata perbulan sudah melebihi 100.000 unit. Sementara rata-rata penjualan mobil Thailand hanya di kisaran 73.000 unit.  

Berdasarkan data Asean Automotive Federation, total penjualan mobil di Thailand tercatat hanya 440.911 unit. Volume penjualan tersebut menurun 40,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yang sudah mencapai 740.795 unit.

Sementara volume penjualan mobil di Indonesia masih mengalami peningkatan sebesar 6,7 persen. Pada semester I tahun lalu, penjualan mobil di Indonesia sebanyak 602.214 unit, semester I tahun ini mencapai 642.323 unit.  

Rekor ini merupakan yang kedua kalinya bagi Indonesia, setelah sebelumnya pernah terjadi pada 2011. Pada 2011, total penjualan mobil di Thailand turun 1 persen menjadi 794.081 unit, sedangkan Indonesia naik 17 persen menjadi 894.164 unit.

Wajar saja jika penjualan mobil Thailand pada 2011 lebih rendah dari Indonesia. Saat itu Thailand dilanda musibah banjir yang menggenangi 58 provinsi. Bahkan akibat banjir tersebut sekitar tujuh kawasan industri utama Thailand terendam sedalam tiga meter selama 40 hari.

Makanya rekor Indonesia memimpin penjualan mobil di ASEAN tidak mampu bertahan lama. Seakan tidak mau kalah dari Indonesia, setelah pulih dari banjir, Thailand kembali memimpin. Penjualan mobil di Thailand pada 2012 tumbuh 81 persen menjadi 1.436.335 unit, sedangkan Indonesia hanya tumbuh 25 persen menjadi 1.116.212 unit.

Selama ini industri otomotif Thailand memang lebih maju dari Indonesia. Dari sisi produksi saja, meski produksi mobil Indonesia tahun lalu timbuh 13,4 persen, lebih tinggi dari pertumbuhan produksi mobil Thailand yang hanya 4,3 persen. Namun, dari segi volume, Indonesia jauh tertinggal dari Thailand.

Data Organisasi Produsen Kendaraan Dunia (Organisation Internationale des Constructeurs d?Automobiles/OICA) mencatat pada tahun lalu produksi mobil di Thailand mencapai 2,53 juta unit, dan menduduki posisi 9 produsen kendaraan terbanyak di seluruh dunia. Sementara Indonesia berada pada posisi 15 dengan jumlah produksi yang hanya separuh dari Thailand, yakni sebanyak 1,2 juta unit.

Memang akan sulit bagi Indonesia untuk dapat mengejar kemampuan produksi Thailand. Bahkan Kementerian Perindustrian pun memprediksi, kapasitas produksi industri otomotif Indonesia baru mencapai dua juta unit pada 2019. Itu pun masih lebih rendah dari kapasitas produksi Thailand yang mencapai lebih dari 2,6 juta unit saat ini.

Katadata

Reporter: Safrezi Fitra
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait