Jokowi Akan Naikkan Harga BBM Subsidi

Kenaikan harga akan dilakukan secara bertahap selama tiga tahun hingga harga BBM bersubsidi sesuai dengan harga pasar
Image title
Oleh
20 Agustus 2014, 09:12
BBM Subsidi KATADATA | Arief Kamaludin
BBM Subsidi KATADATA | Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Sejumlah pos dalam RAPBN 2015 dinilai menyulitkan administrasi Joko Widodo dalam mewujudkan visi dan misinya. Saat ini, Tim Transisi Joko Widodo tengah merancang revisi APBN 2015.

Anggaran pertama yang bakali dipotong adalah subsidi yang mencapai Rp 433,5 triliun. angka ini dianggap terlalu besar, terutama subsidi energi yang mencapai Rp 363,5 triliun. Administrasi disebutkan bakal memotong anggaran subsidi dengan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi secara bertahap.

Menurut sumber yang dikutip Kontan, kenaikan harga akan dilakukan secara bertahap selama tiga tahun hingga harga BBM bersubsidi sesuai dengan harga pasar Rp 13.000 per liter dari harga saat ini Rp 6.500 per liter.

Kenaikan harga BBM bersubsidi mulai dilakukan pada 2015 dengan kenaikan sebesar 20 persen, kemudian 50 persen dan 30 persen hingga 2017. ?Kami akan melihat situasi dan kondisi atas efek ke inflasi agar tak terlalu memberatkan masyarakat,? seperti dikutip dari Kontan, Rabu (20/8).

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait