IHSG Diprediksi Menguat Terbatas

IHSG yang cenderung stabil saat ini karena kenaikannya yang sudah sangat besar yakni 20 persen sejak awal tahun
Image title
Oleh
19 Agustus 2014, 09:01
IHSG
Arief Kamaludin|KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini diperkirakan masih akan mengalami penguatan terbatas. Kinerja bursa saham regional dan global yang masih baik memberikan sentimen positif terhadap IHSG.

Akan tetapi, masih ada investor yang memilih wait and see atas keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada 21 Agustus mendatang.

Budi Frensidy, Direktur Fund and Fun Independent Financial Planner, memperkirakan IHSG pada perdagangan hari ini akan berada pada kisaran 5.100-5.180. Menurutnya, IHSG cenderung naik terimbas bursa Asia dan Amerika yang positif.

?IHSG datar saja, cenderung menguat karena sentimen regional oke. Tapi yang (bursa saham negara) lain kalau pun naik tapi nggak secara besar,? ujarnya saat dihubungi Katadata, Selasa (19/8).

Menurutnya, IHSG yang cenderung stabil saat ini karena kenaikannya yang sudah sangat besar, yakni 20 persen sejak awal tahun. ?IHSG sudah nomor tiga di Asia-Australia. Cuma kalah oleh India dan Thailand karena sudah ada kepastian politik di dua negara itu,? ujarnya.

Dengan demikian, sekali pun ada sentimen yang positif, seperti putusan MK yang sesuai ekspektasi pasar, tidak akan berpengaruh besar terhadap IHSG. ?Sentimen positifnya ya melihat kepastian MK hari Kamis. Kalau hasilnya bagus IHSG akan bagus. Tapi jangan berharap terlalu besar karena kenaikannya sudah besar,? jelasnya.

Fath Aliansyah Budiman, analis teknikal Mandiri Sekuritas, juga memperkirakan IHSG akan menguat terbatas. ?Penyelesaian konflik di Rusia dan Ukraina sudah ada jadi pasar Asia menguat. Kalau Amerika, karena ada berita merger dan akuisisi Blitz. Tentu juga karena data ekonomi yang membaik. Ini yang jadi sentimen positif hari ini.?

Fath memperkirakan IHSG akan berapa pada kisaran 5.147-5.165. Dia menjelaskan, meski aliran masuk portofolio melambat menjadi US$ 7,7 milliar dari sebelumnya US$ 9,1 milliar. Investasi langsung tetap kuat dan naik dari US$ 1,3 milliar menjadi US$ 4,8 milliar di kuartal II-2013.

?Ini menunjukan investasi di dalam negeri masih baik sebetulnya. Transaksi modal dan finansial juga meningkat menjadi US$ 14,5 milliar dari kuartal I yang US$ 7,6 milliar,? jelasnya.

Fath merekomendasikan saham PT London Sumatera Indonesia Tbk (LISP), PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA), PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), dan PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) sebagai emiten yang layak dikoleksi pada hari ini.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait