IHSG Diprediksi Terpengaruh Sentimen Positif Bursa Regional

Di dalam negeri investor masih menantikan pidato nota keuangan yang di antaranya menyampaikan perihal APBN 2015
Image title
Oleh
14 Agustus 2014, 08:50
IHSG
Arief Kamaludin|KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Kinerja bursa saham Asia yang menguat diperkirakan memberikan imbas positif terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Pelaku pasar diprediksi bakal memanfaatkan sentimen tersebut dengan melakukan aksi beli.

Reza Priyambada, Kepala Riset Trust Securities, memperkirakan IHSG akan berada di rentang support 5.130-5.155 dan resisten 5.175-5.182. Dia menjelaskan,  turunnya angka new yuan loans, retail sales, dan produksi sektor industri China tidak langsung membuat laju bursa saham China melemah.

Hal itu justru memacu pemerintah China untuk memberikan stimulus. ?Jadi sesuai perkiraan, pemerintah China nantinya akan mengucurkan stimulus untuk mengatasi perlambatan itu,? tutur Reza di Jakarta, Kamis (14/8).

Sentimen positif lainnya juga datang dari bursa saham Eropa. Kenaikan ini karena kinerja beberapa emiten tercatat baik, dan rilis kenaikan inflasi Prancis, juga meningkatnya wholesale price index Jerman.

?Angka pengangguran di Inggris yang turun juga jadi sentimen positif, meskipun ada penurunan produksi industrial di Eropa,? kata dia.

Menurut Fath Aliansyah Budiman, analis teknikal Mandiri Sekuritas, selain pasa saham global yang membaik. Di dalam negeri, investor masih menantikan pidato nota keuangan yang di antaranya menyampaikan perihal APBN 2015.

Selain itu, ada peluang pemerintah menaikan harga BBM bersubsidi tahun ini. ?Kalau itu direalisasikan, kenaikan akan terjadi sebelum pelantikan presiden baru pada 20 Oktober nanti,? ujar Fath.

Dia memprediksi IHSG akan berada pada rentang 5168-5179. Sementara itu, dia menyarankan pula saham-saham PT Jasa Marga Tbk (JSMR), PT Vale Indonesia Tbk (INCO), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Malindo Feedmill Tbk (MAIN), dan PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) sebagai pilihan pada hari ini.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait