DPD Minta Pendapat Masyarakat Tentang 67 Calon Anggota BPK

Proses seleksi ini akan memilih lima anggota BPK
Image title
Oleh
12 Agustus 2014, 16:48
BPK.jpg
KATADATA/ Dok Katada
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ?  Dewan Perwakilan Daerah (DPD) akan menggelar uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap 67 calon anggota BPK pada 18-21 Agustus 2014 sebelum diserahkan ke Komisi Keuangan dan Perbankan (Komisi XI) DPR. DPD kini meminta masukan dari masyarakat terhadap calon anggota BPK RI periode 2014-2019.

Permintaan masukan dan daftar nama-nama calon anggota BPK itu diumumkan dalam website DPD. Proses seleksi ini akan memilih lima anggota BPK, yang terdiri dari empat anggota yang habis masa jabatannya Oktober mendatang dan posisi yang lowong yang ditinggalkan mantan Ketua BPK Hadi Poernomo yang pensiun pada April lalu. 

Empat nama anggota yang habis masa jabatannya yaitu Ketua BPK saat ini Rizal Djalil, dua anggota BPK yaitu Moermahhadi Soerja Djanegara dan  Ali Maskur Musa. Ketiganya tercatat mendaftar kembali dalam proses pemilihan calon anggota BPK ini. Sedangkan satu posisi yang lowong yaitu Hasan Bisri yang kini menjabat Wakil Ketua BPK, habis masa jabatannya dan tak bisa mendaftar kembali karena telah menjabat anggota BPK sebanyak dua periode.

Sejumlah politisi juga ikut masuk dalam calon anggota BPK. Setidaknya ada delapan anggota DPR dan DPD ikut mendaftar. Mayoritas merupakan politisi yang gagal menjadi calon anggota DPR dalam pemilihan legislatif April lalu.

Dari delapan anggota itu, empat berasal dari Komisi keuangan dan perbankan (Komisi XI), yaitu Wakil Ketua Komisi XI Harry Azhar Azis (Partai Golkar), Timo Pangerang (Partai Demokrat). Dua anggota lainnya yaitu Achsanul Qosasi (Partai Demokrat) dan Sadar Subagyo (Partai Gerindra).

Anggota lainnya yang mendaftar yaitu yaitu anggota Komisi VII Nur Yasin (Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa) dan anggota Komisi VII Mohamad Aly Yahya (Fraksi Golkar). Enam orang di atas merupakan calon legislatif yang tidak lolos menjadi anggota legislatif periode 2014-2019.  Sisanya, dua anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Zulbahri dan Hasbi Anshory.

Calon yang lain berasal dari pegawai BPK, praktisi dan kalangan profesional. Untuk melihat profil para calon anggota BPK buka tautan ini.

Reporter: Nur Farida Ahniar
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait