Aset Bank Permata Naik Paling Tinggi

Persaingan sengit memupuk aset justru terjadi di kalangan bank menengah alias peringkat aset enam hingga sepuluh besar
Image title
Oleh
12 Agustus 2014, 10:51
bank permata
Donang Wahyu|KATADATA
KATADATA | Donang Wahyu

KATADATA ? Perlambatan ekonomi membuat bank tertatih membukukan kredit. Akibatnya, peta pasar perbankan Tanah Air berdasarkan jumlah aset mengalami perubahan.

Di sepanjang semester I lalu, Bank Mandiri masih kokoh berdiri sebagai jawara dengan total aset mencapai Rp 674,74 triliun per Juni tahun ini. Angka ini naik 14,08 persen dari tahun sebelumnya. 

Kendati menyandang gelar bank dengan laba paling jumbo, aset Bank Rakyat Indonesia (BRI) masih belum menikung saudara kandungnya. Bank Spesialis kredit mikro ini membukukan pertumbuhan kredit 15,54 persen menjadi Rp 621,98 triliun. 

Tidak ada perubahan di peringkat bank besar. Persaingan sengit memupuk aset justru terjadi di kalangan bank menengah alias peringkat aset enam hingga sepuluh besar. Perubahan peringkat paling kentara dialami Bank Permata. Bank patungan antara Grup Astra dan Standard Chartered ini melesat naik ke peringkat enam.

Permata berhasil menggeser posisi Bank Panin dan Bank Danamon sekaligus dengan kenaikan aset sebesar 22,32 persen menjadi Rp 176,57 triliun. Mesin pertumbuhan aset Permata adalah kredit yang mampu tumbuh 19 persen menjadi Rp 127 triliun per Juni.

"Di awal tahun kami mematok pertumbuhan kredit lebih konservatif, tapi ada beberapa rencana kredit dari akhir tahun 2013 yang baru tercatat di tahun ini," ujar Plt Direktur Utama Bank Permata Roy A. Affandy seperti dikutip dari Kontan (12/08).

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait