Minim Sentimen Positif, IHSG Cenderung Melandai

Investor cenderung menahan diri untuk melakukan transaksi seiring dengan ketidakpastian politik dalam negeri yang semakin meningkat
Image title
Oleh
15 Juli 2014, 08:58
Bursa
Agung Samosir|KATADATA
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? Pelaku pasar dinilai untuk sementara waktu memilih menjauh dari pasar. Hal ini tercermin dari turunnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam dua hari berturut-turut setelah pemilihan presiden (pilpres) usai.

?Masih maraknya aksi profit taking dan kemungkinan sudah lewatnya imbas pilpres membuat pelaku pasar lebih memilih untuk menjauh sementara dari pasar,? kata Reza Priyambada, Kepala Riset Trust Securities, Selasa (15/7).

Dia menilai, investor cenderung menahan diri untuk melakukan transaksi seiring dengan ketidakpastian politik dalam negeri yang semakin meningkat. Terutama akibat adanya klaim kemenangan dari kedua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden versi penghitungan cepat (quick count).

?Hingga keputusan final KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan sepanjang waktu itulah pelaku pasar lebih memilih untuk menahan diri dan tidak banyak melakukan spekulasi maupun aktivitas trading,? kata Reza.

Advertisement

Padahal, pada perdagangan kemarin, laju bursa saham Asia tercatat berada di zona hijau menyambut beberapa berita positif, seperti kenaikan produksi industri di jepang serta ekspektasi hasil pertemuan Bank of Japan yang akan mempertahankan paket stimulus. Namun situasi itu tidak berhasil mendorong IHSG keluar dari teritoti negatif.

?Dari dalam negeri, belum adanya sentimen positif membuat pelaku pasar lebih memilih menjauhi pasar,? tutur Reza.

Dalam dua berturut-turun, IHSG ditutup turun. Pada perdagangan Senin (14/7) ditutup di level 5.021,1 atau turun 0,23 persen. Sebelumnya pada Jumat (11/7), indeks ditutup turun 1,28 persen ke 5.032,6.

William Surya Wijaya, Kepala Riset Asjaya Indosurya Securities, menilai IHSG pada perdagangan hari ini masih akan bergerak pada fase konsolidasi sebelum melanjutkan tren naik. ?Capital inflow masih terus menerobos masuk merupakan pertanda bahwa IHSG masih dipercaya akan memberikan capital gain yang cukup meyakinkan dalam beberapa waktu mendatang,? kata dia. 

Reporter: Aria W. Yudhistira
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait