Minat Perusahaan Menerbitkan Obligasi Rendah

Jumlah emisi obligasi korporasi pada tahun ini diperkirakan hanya Rp 4050 triliun Lebih rendah dari realisasi penerbitan obligasi tahun lalu yang mencapai Rp 58 triliunHandy Yunianto Head of Fixed Income Research PT Mandiri Sekurit
Image title
Oleh
10 Juni 2014, 09:48
idx bursa saham
Arief Kamaludin|KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Jumlah emisi obligasi korporasi pada tahun ini diperkirakan hanya Rp 40-50 triliun. Lebih rendah dari realisasi penerbitan obligasi tahun lalu yang mencapai Rp 58 triliun.

Handy Yunianto, Head of Fixed Income Research PT Mandiri Sekuritas mengatakan rendahnya obligasi tahun ini terutama disebabkan oleh tingginya bunga obligasi. Hal ini membuat biaya yang dikeluarkan perusaaan (cost of fund) lebih tinggi.

Pada saat cost of fund mahal, kata Handi, perusahaan atau emiten cenderung mengurangi jumlah emisi obligasinya dan memasang tenor yang lebih pendek. ?Misalnya target yang awalnya Rp 1 triliun, tetapi karena suku bunga sedang tinggi, dia (perusahaan) jadi mengurangi,? ujarnya, seperti dikutip harian Bisnis Indonesia, Selasa (10/6).

Menurutnya, perusahaan yang tetap melakukan penerbitan obligasi tahun ini lebih banyak untuk keperluan pembiayaan kembali atas utang yang jatuh tempo atau refinancing. Tahun ini jumlah utang yang jatuh tempo mencapai Rp 38 triliun, lebih tinggi dari tahun lalu yang hanya Rp 25 triliun.

Pertumbuhan ekonomi yang melambat pada kuartal I tahun juga mempengaruhi rendahnya minat perusahaan untuk melakukan ekspansi tahun ini. Akibatnya hanya sedikit perusahaan yang berminat menerbitkan obligasi untuk keperluan ekspansi. Makanya berdasarkan catatan Mandiri Sekuritas, hingga 8 April tahun jumlah emisi obligasi korporasi tercatat baru mencapai Rp 8,4 triliun.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait