Indonesia Tak Siap Hadapi Guncangan Krisis

Bank Dunia menyatakan Indonesia tidak siap menghadapi guncangan krisisi karena sistem manajemen risiko pemerintah yang masih tergolong lemah Dalam laporan World Development Report 2014 tercantum Indeks Kesiapan Penghadapi Risiko dimana I
Image title
Oleh
25 April 2014, 14:27
Pembangunan.jpg
KATADATA/
KATADATA | Donang Wahyu

KATADATA ? Bank Dunia menyatakan Indonesia tidak siap menghadapi guncangan krisisi karena sistem manajemen risiko pemerintah yang masih tergolong lemah. Dalam laporan World Development Report 2014, tercantum Indeks Kesiapan Penghadapi Risiko dimana Indonesia hanya memperoleh skor 42 dari skala 1-100.

Dengan skor itu, posisi Indonesia di Asia Tenggara berada di peringkat ke-6 setelah Singapura (72), Malaysia (67), Thailand (62), Vietnam (56), dan Filipina (45). Tiga negara lainnya yakni Laos (38), Myanmar (30), dan Kambojak (30) sama-sama dinilai tidak siap berdasaran indeks baru itu.

Direktur World Development Report (WDR) Bank Dunia Norman Loayza dengan sistem manajemen risiko yang lemah, maka ketika sebuah negara diguncang oleh krisis keuangan atau bencana alam, maka perekonomian negara bersangkutan negara bersangkutan beresiko kembali tumbang.

"Sistem dan manajemen risiko itu sangat penting untuk memitigasi dampak krisis. Kebanyakan negara yang belum siap menghadapi ancaman krisis itu adalah negara berkembang," ujarnya seperti dikutip Bisnis Indonesia (25/04). 

Advertisement
Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait