Rencana Akuisisi BTN Ditolak

Serikat Karyawan Bank Tabungan Negara BTN menolak rencana akuisisi BTN oleh Bank Mandiri Mereka beralasan yang sekarang direncanakan terjadi bukan akuisisi melainkan merger Hal ini akan berimbas pada seluruh karyawan BTN yang akan ter
Image title
Oleh
21 April 2014, 09:02
btn-bank-tabungan-negara.jpg
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? Serikat Karyawan Bank Tabungan Negara (BTN) menolak rencana akuisisi BTN oleh Bank Mandiri. Mereka beralasan yang sekarang direncanakan terjadi bukan akuisisi, melainkan merger. Hal ini akan berimbas pada seluruh karyawan BTN yang akan terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Selain itu, segmen pasar BTN dan Bank Mandiri dinilai berbeda. Bank Mandiri menyasar segmen korporasi, sedangkan BTN ritel. Serikat curiga, proses akuisisi ini tidak melewati prosedur yang tepat. Persoalannya, sebagai sesama BUMN semestinya akuisisi BTN melalui Komite Privatisasi dan selanjutnya diputuskan oleh DPR.  

?Ini semua dipangkas, kenapa begitu cepat,? kata Satya Wijayantara, Ketua Umum Serikat Pekerja BTN, seperti dikutip Kontan, Senin (21/4). Menteri BUMN Dahlan Iskan sebelumnya menegaskan Bank Mandiri akan mengakuisisi BTN bukan melalui skema merger. ?BTN tidak dilebur melainkan diperkuat,? katanya.  

Pengamat pasar uang Satrio Utomo menilai, yang paling masuk akal adalah akuisisi. Hal ini mempertimbangkan ukuran kedua perusahaan. ?Selama ini BTN kekurangan likuiditas. Investor menilai akuisisi bisa jadi akan memperbesar laba BTN,? katanya.

Advertisement

 

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait