Indeks Konsumen AS Tertinggi Sejak 2008

Indeks kepercayaan konsumen Amerika Serikat AS per Maret 2014 mencatatkan posisi yang tertinggi dalam enam tahun terakhir Ini menunjukkan meningkatnya optimisme terhadap perekonomian negara Paman Sama tersebut Hasil survei ya
Image title
Oleh
26 Maret 2014, 21:38
3205.jpg
KATADATA | Arief Kamaludin
Dusun Dosan yang berada di tengah hutan pedalaman Kalimantan Barat dan berbatasan dengan Malaysia itu kini tak lagi gelap gulita.

KATADATA ? Indeks kepercayaan konsumen Amerika Serikat (AS) per Maret 2014 mencatatkan posisi yang tertinggi dalam enam tahun terakhir. Ini menunjukkan meningkatnya optimisme terhadap perekonomian negara Paman Sama tersebut.  

Hasil survei yang dirilis The Conference Board menyebutkan indeks kepercayaan konsumen per Maret naik menjadi 82,3 poin dari 78,3 poin pada bulan sebelumnya. Posisi indeks tersebut merupakan yang tertinggi sejak Januari 2008. Saat itu indeks kepercayaan konsumen AS mencapai 87,3 poin yang kemudian menurun seiring dimulainya krisis.  

Menurut Direktur Indikator Ekonomi The Conference Board Lynn Franco, konsumen cukup optimistis dengan prospek pekerjaan dan ekonomi secara keseluruhan, tapi kurang optimistis terhadap pertumbuhan pendapatan.  

?Tapi secara keseluruhan, konsumen mengharapkan perbaikan ekonomi terus berlanjut dan yakin dapat mengambil sedikit keuntungan pada beberapa bulan ke depan,? kata dia dikutip dari laman resminya, Rabu (26/3).  

Advertisement

Survei tersebut juga menunjukkan peningkatan indeks ekspektasi dari 76,5 poin menjadi 83,5 poin pada Maret 2014.  Sementara indeks situasi saat ini turun dari 81 poin menjadi 80,4 poin.  

The Conference Board mencatat konsumen menilai pasar tenaga kerja saat ini relatif tidak berubah. Mereka yang menilai pekerjaan semakin sulit diperoleh meningkat dari 32,4 persen pada Februari menjadi 33 persen. Sedangkan yang mengatakan sebaliknya justru berkurang dari 13,4 persen menjadi 13,1 persen.

Meski begitu, konsumen cenderung optimistis akan peningkatan lapangan pekerjaan. Mereka percaya kondisi bisnis dalam enam bulan ke depan akan membaik.  

Meningkatnya indeks kepercayaan konsumen AS berdampak pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia. Pada pembukaan perdagangan Rabu (26/3), IHSG dibuka pada posisi 4.708,25 poin atau menguat 0,12 persen dari penutupan hari sebelumnya.  

Kenaikan indeks juga terjadi di sejumlah negara, seperti Nikkei Stock Average 225 (0,15 persen), Hang Seng Index (1 persen), KOSPI Index (0,81 persen), dan Strait Times Index (0,89 persen).

Reporter: Aria W. Yudhistira
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait