Belum Ideal, Pendamping Desa Perlu Ditambah

Jumlah pendamping desa masih harus ditambah.
Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
17 Desember 2018, 21:51
Belum Ideal, Pendamping Desa Perlu Ditambah
Katadata

Pendamping desa memainkan peran penting dalam pemberdayaan masyarakat dan pemerintah desa. Mereka menjalankan fungsi sebagai penghubung pemerintah dan masyarakat, melakukan penguatan organisasi warga, dan menjadi fasilitator musyawarah desa.

Selain itu, pendamping desa berperan sebagai fasilitator pembangunan partisipatif, merajut jejaring dan kerja sama desa, serta membangun solidaritas sosial atas bencana alam.

Meski memiliki peran yang begitu penting, jumlah pendamping desa masih jauh dari ideal. Dengan jumlah desa mencapai 74.957 desa, masing-masing pendamping desa harus mendampingi empat desa sekaligus.

Untuk menutupi kekurangan tersebut, pemerintah berupaya merekrut pendamping desa baru. Bagi pendamping desa yang sudah terpilih, pemerintah melakukan peningkatan kapasitas pendamping desa supaya kinerja mereka lebih optimal.

Reporter: Tim Publikasi Katadata
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait