Upaya Menyediakan BBM Berkualitas

Saat ini, sejumlah kilang Pertamina telah menghasilkan produk BBM berkualitas tinggi (high quality).
Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
19 Desember 2017, 12:00

PT Pertamina (Persero) terus berupaya menyediakan bahan bakar minyak (BBM) berkualitas dan ramah lingkungan. Langkah ini sejalan dengan program pemerintah yang akan menerapkan penggunaan BBM berstandar Euro 4 secara bertahap mulai 2018 hingga 2021.

Saat ini, sejumlah kilang Pertamina telah menghasilkan produk BBM berkualitas tinggi (high quality). Kilang Dumai dan Balikpapan telah memproduksi Pertamina Dex HQ sedangkan Kilang Balongan menghasilkan Pertamax dan Pertamax Turbo HQ. Adapun Kilang Cilacap sudah memproduksi Pertamax HQ.

Guna meningkatkan kapasitas produksi BBM berkualitas di masa mendatang, Pertamina menjalankan berbagai program di antaranya modernisasi kilang (Refinery Development Masterplan Program/RDMP) dan pembangunan kilang baru (Grass Root Refinery/GRR). BBM yang dihasilkan memenuhi standar Euro 4 dan Euro 5.

Direktur Pengolahan Pertamina Toharso mengatakan produksi BBM standar Euro 4 merupakan komitmen Pertamina dalam menerapkan kebijakan pemerintah. Selain menekan pencemaran udara dan menjamin efisiensi kendaraan, kewajiban penggunaan BBM Euro 4 juga untuk mendorong produsen kendaraan menjangkau pasar luar negeri yang sudah menerapkan standar Euro 4.

Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.