Indonesia, Surga Perikanan Dunia

Produksi komoditas perikanan Indonesia menempati peringkat atas dunia
Image title
Oleh
22 Februari 2016, 17:00
Indonesia, Surga Perikanan Dunia
Katadata

KATADATA - Sebagai negara yang memiliki luas wilayah perairan mencapai 5,8 juta km2 dan garis pantai sepanjang 91 ribu km, Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang menjadi surga perikanan dunia. Bahkan, Indonesia menjadi pemasok utama produk-produk perikanan, seperti tuna, rumput laut, udang dan kepiting.

Salah satu negara maritim dan kepulauan terbesar di dunia ini mampu menghasilkan ratusan komoditas perikanan secara melimpah. Tak mengherankan jika produk rumput laut dan tuna menempati urutan pertama di dunia. Begitu pula dengan produk kepiting dan udang yang menempati posisi kedua. Menurut data Food and Agriculture Organization (FAO) 2015, Cina menempati urutan pertama sebagai produsen udang di dunia.

Beragam produk unggulan perikanan tersebut, tersebar di seluruh wilayah Nusantara. Sentra produksi udang berada di wilayah Sumatera dan Jawa Barat. Kepiting tersebar di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Penghasil utama rumput laut berada di wilayah Sulawesi dan Nusa Tenggara. Sedangkan, kawasan penghasil tuna terfokus di Papua, Maluku dan Sulawesi Utara.

Reporter: Jeany Hartriani
Editor: Arsip

Video Pilihan

Artikel Terkait