Dua Sumitomo Kuasai BTPN

Perusahaan yang samasama bernama Sumitomo kini menjadi pemegang mayoritas saham Bank Tabungan Pensiunan Nasional
Image title
Oleh
24 Februari 2015, 19:19

KATADATA ? Pekan lalu, Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) kembali mencatatkan transaksi besar pasca-akuisisi yang terjadi pada Mei 2013. Summit Global Capital Management BV mengakuisisi 17,5 persen saham BTPN dari tangan Texas Pacific Group (TPG) Nusantara SARL senilai Rp 5,9 triliun. Lewat transaksi ini, porsi saham Summit Global di BTPN menjadi 20 persen.

Summit Global merupakan anak usaha dari Sumitomo Corporation Group. Meski memiliki nama hampir mirip dengan Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) yang kini memegang 40 persen saham BTPN, keduanya adalah perusahaan yang berbeda dan tidak saling mengait. Bila dilihat dari profil masing-masing perusahaan, diketahui bahwa Summit Global adalah perusahaan investasi dengan induk yang bergerak di bidang logistik. Summit Global berkantor pusat di Belanda.

Sedangkan SMBC merupakan anak usaha Sumitomo Mitsui Financial Group (SMFG) yang memiliki lini bisnis di bidang keuangan. SMFG dikenal sebagai salah satu pengelola keuangan terbesar di dunia dengan nilai aset mencapai US$ 1,5 triliun.

Reporter: Leafy Anjangi
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.