1% Orang Terkaya Kuasai Separuh Aset Dunia

Riset ini menjadi sinyal bahwa ketimpangan kekayaan yang semakin melebar diprediksi bisa merusak ekonomi global bila dibiarkan
Image title
Oleh
27 Januari 2015, 09:29

KATADATA ? Riset organisasi kemanusiaan Oxfam menunjukkan bahwa pada 2016, sebanyak 1% orang terkaya di dunia akan menguasai aset lebih dari yang dimiliki  99% populasi global. Temuan ini, yang dipublikasi pada World Economic Forum di Davos, Swiss, pekan lalu, memperlihatkan kian melebarnya ketimpangan antara si kaya dengan sisa populasi lainya.

Riset ini juga menyebutkan 80 orang terkaya di dunia diprediksi mengumpulkan jumlah harta setara dengan kekayaan yang dimiliki 3,5 miliar orang atau separuh populasi dunia dengan pendapatan terendah. Ketimpangan ini meningkat dibanding 2010. Saat itu ada 388 orang terkaya yang hartanya setara dengan aset yang dimiliki separuh penduduk bumi.

Peringkat Forbes menunjukkan, posisi manusia terkaya di jagad masih dipegang oleh Bill Gates dengan harta sebesar US$ 81,2 miliar. Jumlah tersebut dihasilkan dari Microsoft yang membukukan pendapatan per hari senilai US$ 4,3 juta.

Di Indonesia, peringkat teratas orang terkaya ditempati oleh kakak beradik Robert dan Michael Hartono dengan jumlah aset US$ 17,6 miliar. Harta tersebut didapatnya dari perusahaan rokok dan perbankan yang berhasil menempatkan mereka di posisi 143 dan 149 dari orang terkaya di dunia.

Reporter: Leafy Anjangi, Adek Media Roza
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.