Retail Asia yang Bersinar

Menjamurnya kelas menengah baru Asia dalam lima tahun terakhir membuat kawasan ini menjadi pasar yang menjanjikan Sejumlah merek retail lokal pun tumbuh menjadi bisnis besar yang melambungkan kekayaan pemiliknya
Image title
Oleh
30 Desember 2014, 17:46

KATADATA ? Menjamurnya kelas menengah baru Asia dalam lima tahun terakhir membuat kawasan ini menjadi pasar yang menjanjikan. Pasca krisis ekonomi global 2008 yang membuat bisnis di tempat asal mereka lesu darah, para produsen dari Amerika dan Eropa berlomba-lomba membangun rantai distribusi di Asia.

Tak ketinggalan, pengusaha lokal juga ikut ambil bagian demi menikmati berkah pertumbuhan ekonomi Asia ini. Sejumlah merek retail pun tumbuh menjadi bisnis besar yang melambungkan kekayaan pemiliknya. Penguasaan atas wilayah dan prilaku pasar membuat retail Asia mampu bersaing dengan pemain asing.

DBS Group Research dalam serial laporan Asian Gamechangers bertajuk  ?Open Your Wallet, Rising Spending in Asia? menelisik barisan pemain retail lokal yang lahir dan dibesarkan oleh enterprenuer Asia. Hasilnya, delapan pemegang merek yang tampil sebagai jaringan retail yang paling melesat di Asia dengan nilai kapitalisasi pasar hingga $3,88 miliar.

Selain brand asli Asia dan dikelola oleh pengusaha lokal, retail yang masuk kelompok delapan itu harus eksis di setidaknya tiga negara atau di satu negara berpenduduk lebih dari 50 juta jiwa. Untuk yang belakangan ini, syarat pertumbuhan selama tiga tahun terahir harus melampaui 10%, demi menjamin keberlangsungan usaha.

Review yang dilakukan DBS Group Research meliputi perkembangan industri retail dan tren di negara asal, produk atau jasa yang ditawarkan, kondisi keuangan, dan ambisi perusahaan untuk tumbuh lebih besar. Poin-poin tersebut sangat penting sebagai syarat bagi para peretail untuk terus eksis dan menikmati kue pertumbuhan konsumen Asia.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.