5 Tokoh Anti Korupsi di Belantara Migas

Pemerintah Jokowi pun melakukan terobosan dengan menempatkan sejumlah tokoh yang dikenal memiliki integritas tinggi dibidang antikorupsi
Image title
Oleh
4 Desember 2014, 18:45

KATADATA ? Bau amis korupsi dan tarik ulur kepentingan yang mewarnai tata kelola migas nasional membuat publik pesimistis akan ada perbaikan di sektor ini. Pemerintah Jokowi pun melakukan terobosan dengan menempatkan sejumlah tokoh yang dikenal memiliki integritas tinggi untuk memulihkan kepercayaan publik dan membenahi pengelolaan migas.

Langkah itu dimulai dengan menempatkan Sudirman Said sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Tak hanya berlatar belakang sebagai akuntan dan eksekutif, Sudirman adalah salah satu Masyarakat Transparansi Indonesia, organsasi yang dibentuk untuk mendorong pemberantasan korupsi di Tanah Air.

Selanjutnya, lahan basah yang menjadi sasaran pembenahan adalah SKK Migas. Kepercayaan public terhadap lembaga yang mengatur industry hulu migas ini ambruk setelah ketuanya, Rudy Rubiandini, tertangkap tangan oleh KPK saat menerima suap. Di posisi panas ini, Sudirman menunjuk Amien Sunaryadi, akuntan dan mantan pimpinan KPK jilid I.

Pemerintah juga membentuk sebuah lembaga ad hoc untuk membenahi pengelolaan migas nasional, yaitu Tim Reformasi Tata Kelola Migas. Adalah Faisal Basri, ekonom dan penggiat antikorupsi, yang memimpin Tim. Faisal telah lama dikenal kritis terhadap kebijakan migas nasional, termasuk dalam hal pemberian subsidi.

Tim Reformasi juga diperkuat oleh dua tokoh yang sudah malang melintang dalam pemberantasan korupsi. Mereka adalah Teten Masduki dan Chandra M. Hamzah. Teten adalah pendiri Indonesia Corruption Watch, sedangkan Chandra adalah salah satu pimpinan KPK jilid II.

Reporter: Muhammad Kahfi
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.