Enam Kandidat Menteri Keuangan Joko Widodo

Kriteria Menteri Keuangan Joko Widodo adalah profesional berintegritas ahli dibidang ekonomi dan memiliki kemampuan komunikasi politik
Image title
Oleh
18 Agustus 2014, 12:07

KATADATA ? Sejumlah nama mulai santer disebut calon menteri keuangan periode 2014-2019. Kriteria yang Joko Widodo pilih adalah profesional, ahli dibidangnya serta memiliki kemampuan komunikasi politik.

Tim ekonomi Jokowi dan Jusuf Kalla menyebut keahlian calon menteri keuangan lain yang diharapkan adalah  berani menyelesaikan kebocoran dan penyimpangan anggaran seperti yang dijanjikan dalam visi misi. Tujuannya adalah menciptakan APBN yang efektif dan efisien. Dengan begitu, anggaran yang dijanjikan dalam anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) bisa sampai kepada rakyat yang benar-benar membutuhkan.

Tak heran bila nama-nama kandidat yang muncul adalah mereka yang selama ini sudah memiliki pengalaman dalam bidang kebijakan ekonomi makro dan mikro. Namun demikian beberapa diantaranya juga memiliki pengalaman politisi yakni, Hendrawan Supratikno dan Sri Adiningsih yang pernah beraktivitas sebagai staf di MPR RI.

Kandidat profesional lainnya yang disebut cukup kuat adalah Raden Pardede yang saat ini menjabat sebagai Ketua Ekonomi Nasional, Bambang PS Brodjonegoro (Wakil Menteri Keuangan), Agus Martowardojo (Gubernur Bank Indonesia), dan Mahendra Siregar (Kepala BKPM).

Reporter: Agus Dwi Darmawan
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.