Rekam Jejak Tim Transisi Jokowi

Rini SoemarnoAnies Baswedan Hasto Kristiyanto Akbar Faisal dan Andi Widjojanto bertugas dikantor transisi Jokowi
Image title
Oleh
8 Agustus 2014, 16:40

KATADATA ? Joko Widodo telah meresmikan kantor transisi, Senin 4 Agustus 2014, dan menetapkan lima orang pilihan sebagai tim transisi yang menempati kantor tersebut. Sosok yang dipercaya mengepalai kantor adalah Rini Soemarno Soewandi. 

Rini bukanlah figur baru di PDI Perjuangan. Sebelumnya, Rini adalah mantan Menteri Perdagangan pada era Megawati Soekarnoputri. Rini cukup dikenal kalangan media karena kerap mendampingi Megawati saat menghadiri beberapa acara. 

Dia juga dianggap menjadi tokoh kontroversial dalam PDI Perjuangan karena sempat diperiksa sebagai saksi dalam penerbitan Surat Keterangan Lunas bagi debitor yang menerima Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Rini diperiksa dalam kapasitas sebagai Anggota Kebijakan Kebijakan Sektor Keuangan bersama sejumlah menteri bidang ekonomi lainnya. Rini juga pernah dipersoalkan terkait dengan pembelian pesawat Sukhoi dari Rusia pada 2003.

Jokowi mempercayai adik mantan Dirut Pertamina Ari Soemarno ini untuk mempersiapkan hal-hal strategis guna merealisasikan visi misinya selama berkampanye dalam bentuk program dan kebijakan yang akan diterapkan saat memegang kendali pemerintah mulai Oktober 2014. Di kantor transisi ini, ia dibantu oleh empat deputi yakni Anies Baswedan, Hasto Kristiyanto, Akbar Faisal dan Andi Widjojanto. Deputi tersebut membawahi 15 gugus program kerja di berbagai bidang.

Reporter: Leafy Anjangi
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.