Jokowi-Kalla Menang, Rupiah Bakal Menguat

Survei Nomura memperkirakan jika Jokowi menang maka kurs rupiah menguat 23 persen sedangkan jika Prabowo menang akan melemah 257 persen
Image title
Oleh
10 Juli 2014, 12:20

KATADATA ? Hasil survei Nomura Securities International Inc., menunjukkan kalangan pelaku pasar merespons positif jika pasangan Jokowi-Jusuf Kalla memenangkan pemilihan umum calon presiden-wakil presiden 2014-2019. Sebaliknya, mereka merespons negatif jika yang memenangkan Pilpres dari pasangan Prabowo-Hatta Rajasa.

Hasil jajak pendapat Nomura menggambarkan bahwa jika Jokowi terpilih, nilai tukar rupiah diperkirakan akan mengalami penguatan sebesar 2,3 persen dan indeks harga saham gabungan (IHSG) akan naik 5,05 persen dalam jangka pendek.

Sedangkan, jika Prabowo memenangkan pemilu, nilai tukar rupiah akan melemah sebesar 2,57 persen, sedangkan IHSG akan mengalami penurunan 5,79 persen dalam jangka pendek.

Sekitar 90 persen, responden dari survei yang dilakukan akhir Juni tersebut memperkirakan Jokowi akan memenangkan Pilpres 9 Juli. Kalangan responden memiliki latar belakang keuangan, sebanyak 70 persennya mewakili investor asing. Responden diambil dari pelaku pasar di Indonesia, Asia dan luar Asia.

Reporter: Leafy Anjangi
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.