Jokowi Beli Indosat, Berapa Dana yang Dibutuhkan?

Image title
Oleh
24 Juni 2014, 12:05

KATADATA - Calon presiden Joko Widodo menyampaikan niatnya untuk membeli kembali 65 persen saham PT Indosat Tbk, jika terpilih menjadi Presiden 2014-2019. Niat itu disampaikan menanggapi pertanyaan capres pesaingnya, Prabowo Subianto mengenai penjualan saham Indosat kepada ST Telemedia oleh pemerintah Megawati pada 2002.

"Ke depan, kuncinya satu, kita buyback, ambil alih kembali saham Indosat," ujar Jokowi dalam debat capres di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta, Minggu malam, 22 Juni 2014. Namun, Jokowi menekankan pembelian saham perusahaan telekomunikasi terbesar ketiga di Indonesia tersebut harus dilakukan dengan harga yang wajar.

Lantas, berapa dana yang dibutuhkan untuk kembali saham Indosat?

Jika mengacu pada harga rata-rata satu bulan terakhir, harga saham Indosat sebesar Rp 4.140 per lembar saham. Artinya, untuk membeli 65 persen saham atau 3,5 miliar lembar saham Indosat dibutuhkan dana sebesar Rp 14,6 triliun. Namun, harga saham Indosat di bursa saham masih sangat mungkin berubah.

Angka tersebut jauh lebih kecil dibandingkan saat Qatar Telecom (Qtel) membeli 65 persen saham Indosat senilai Rp 25,5 triliun pada 2008 dan 2009. Pada periode itu, Qtel membeli 40,8 persen saham ST Telemedia sebesar Rp 16,8 triliun pada 2008, serta 24,2 persen saham publik melalui tender offer senilai Rp 9 triliun pada 2009.

Jika Jokowi terpilih dan rencana tersebut jadi diwujudkan, pembelian saham Indosat sangat bergantung pada kesediaan pemilik baru Qtel, sekaligus negosiasi antara pemerintah dengan Qtel.

 

Reporter: Heri Susanto, Agus Dwi Darmawan
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.