Replikasi Inovasi: Pesona Embung Paccekke

Pada tahun 2018, pemerintah desa membangun embung dengan skema padat karya untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat, terutama ketika musim kemarau.
Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
27 Desember 2019, 14:21
Embung Paccekke
Katadata

Pada tahun 2018, pemerintah desa membangun embung dengan skema padat karya untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat, terutama ketika musim kemarau. Sumber airnya berasal dari mata air yang dialirkan melalui pipa menuju embung dan air hujan.

Jalan yang meliuk dan mendaki tak menyurutkan minat masyarakat untuk mengunjungi embung di Desa Paccekke, Kecamatan Soppeng Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan ini.  Embung ini berjarak sekitar 27 kilometer atau sekitar satu jam perjalanan dari ibu kota kabupaten. Mayoritas pengunjung biasanya datang dalam rombongan keluarga atau bersama teman-teman, di

Memasuki 2019, pemerintah desa melengkapi sarana prasarana pendukung seperti sarana olahraga yang bisa dimanfaatkan oleh warga, gazebo, dan taman hias untuk menyinergikan fungsi embung. Pengunjung bisa bersantai, berenang, hingga menikmati pemandangan perbukitan yang asri.

Apa saja manfaat embung ini selain sarana wisata masyarakat? Simak videonya berikut ini..

Editor: Arsip

Video Pilihan

Artikel Terkait