Dana Desa untuk Pemerataan Pembangunan

Jangkauan empat program prioritas dana desa kian luas dalam mendorong pemerataan.
Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
17 Desember 2018, 23:38
Dana Desa untuk Pemerataan Pembangunan
Katadata.co.id

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) menetapkan empat program prioritas penggunaan dana desa dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan desa. Selama empat tahun, jangkauan keempat program tersebut kian meluas.

Pertama, pengembangan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) yang bertujuan mengembangkan potensi yang dimiliki desa melalui klasterisasi atau pengelompokkan produk unggulan. Program ini telah menjangkau 148 kabupaten di Indonesia dan menghasilkan 343 produk andalan.

Kedua, pembangunan embung desa. Hingga semester I 2018, terdapat 3.026 unit embung yang terbangun. Selain berfungsi sebagai sumber pengairan sawah, embung dapat dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi, olahraga, dan pusat aktivitas lainnya oleh warga.

Program prioritas selanjutnya yakni penguatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sebanyak 14.770 kegiatan BUMDes telah melibatkan masyarakat perdesaan. Selain itu, 54.487 desa yang telah memiliki koperasi melakukan kerja sama dengan BUMDes.

Adapun program prioritas keempat yakni pembangunan Sarana Olahraga Desa (Raga Desa). Berkat program ini, masyarakat memiliki ruang publik untuk melakukan aktivitas dan kegiatan lainnya. Hingga kini telah terbangun sebanyak 11.399 unit sarana olahraga.

Reporter: Tim Publikasi Katadata
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait