KPK Hapus Video Antikorupsi Ciptaan Indra Kenz

Aryo Widhy Wicaksono
15 Maret 2022, 22:15
Pelaksana Harian (Plh) Juru Bicara KPK yang baru Ali Fikri menyampaikan konferensi pers di gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/12/2019). Dalam kesempatan tersebut, Firli Bahuri mengenalkan dua Pelaksana harian (Plh) juru bicara KPK antara lain Ipi Maryati dala
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Pelaksana Harian (Plh) Juru Bicara KPK yang baru Ali Fikri menyampaikan konferensi pers di gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/12/2019). Dalam kesempatan tersebut, Firli Bahuri mengenalkan dua Pelaksana harian (Plh) juru bicara KPK antara lain Ipi Maryati dalam bidang pencegahan dan Ali Fikri dalam bidang penindakan.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya memutuskan untuk menghapus konten video kampanye antikorupsi berjudul "Lihat, Lawan, Laporkan". Video ini mendapatkan sorotan, karena bekerja sama dengan salah satu tersangka kasus dugaan penipuan dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), yaitu Indra Kesuma atau Indra Kenz.

Video tersebut dihapus untuk menunjukkan komitmen KPK terhadap nilai-nilai integritas. Sebab, menurut KPK, sebagai salah satu pihak yang menciptakan lagu tersebut, keterlibatan Indra Kenz dalam kasus dugaan penipuan justru bertentangan dengan semangat antikorupsi, sebagaimana pesan yang terkandung dalam lagu "Lihat, Lawan, Laporkan".

Advertisement

Selain menghapus konten video dari channel Youtube resmi KPK, lembaga antirasuah juga akan menghentikan publikasi terhadap lagu ini, pada setiap medium komunikasi publik KPK.

"Hal itu sebagai pesan bagi kita semua, agar senantiasa memegang teguh sikap antikorupsi," jelas Pelaksana Tugas (Plt.) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, dalam keterangan yang diterima Katadata, Selasa (15/3).

Menurut Ali, KPK menghormati dan mendukung proses hukum kasus dugaan penipuan yang sedang berlangsung terhadap Indra Kenz di Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Meski ada persoalan dengan Indra Kenz, ke depannya, KPK tetap berkomitmen untuk selalu membuka kesempatan kepada semua pihak yang ingin memberikan dukungan, menjalin kerja sama, dan berpartisipasi dalam mengkampanyekan pemberantasan korupsi.

"Jangan pernah lelah, mari kita terus tularkan sikap antikorupsi kepada lingkungan sekitar, untuk mewujudkan cita luhur, budaya antikorupsi," ungkap Ali.

Halaman:
Reporter: Aryo Widhy Wicaksono
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement