Charta Politika: Kinerja Jokowi Dinilai Memuaskan di Tiga Provinsi

Aryo Widhy Wicaksono
16 Maret 2022, 19:23
Yunarto Wijaya selaku Direktur Eksekutif Charta Politika memberikan paparan dalam acara CEO Talks mengenai \"Economic and Political Outlook 2020\" ddi Hotel Raffles, Jakarta (26/11/2019).
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Yunarto Wijaya selaku Direktur Eksekutif Charta Politika memberikan paparan dalam acara CEO Talks mengenai \"Economic and Political Outlook 2020\" ddi Hotel Raffles, Jakarta (26/11/2019).

Lembaga survei Charta Politika Indonesia menyampaikan hasil penelitian mereka terhadap Preferensi Sosial dan Politik masyarakat di provinsi Lampung, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Umumnya responden merasa puas dengan kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah di bawah kepemimpinan Joko Widodo dan KH. Ma’ruf Amin tergolong baik," Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, dalam laporannya, Rabu (16/3).

Advertisement

Jajak pendapat Charta Politika ini dilakukan pada 27 Januari-2 Februari 2022 di Lampung, serta 3 - 9 Februari 2022 di Jawa Barat dan Jawa Timur.

Penelitian menggunakan multistage random sampling dengan metode wawancara langsung kepada 800 responden di Lampung, 1210 responden di Jawa Timur, dan 1200 responden di Jawa Barat.

Bagi warga Lampung, kinerja Presiden dalam memimpin negeri cukup memuaskan. Sebanyak 81% responden menyatakan sangat Puas dan cukup puas, dan yang menjawab tidak puas ada 18.0%. Sedangkan yang tidak menjawab sekitar 1% responden.

Kepuasan terhadap kinerja pemerintah pusat ini melebihi kepuasan warga terhadap pemerintah provinsi. Dari survei terlihat 73,9% warga Lampung yang menyatakan puas dengan kepemimpinan Arinal Djunaidi. Sisanya, 23,8% merasa kurang puas, dan 2,4% tidak menjawab.

Beralih ke Jawa Timur, kepuasan warga terhadap kinerja pemerintah, baik pusat maupun provinsi, cukup tinggi. "Tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintah pusat tergolong baik, hampir mencapai angka 80%. Tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintah Provinsi juga tergolong tinggi, bahkan berada di atas 85%," jelas Yunarto.

Berdasarkan data, 78% warga merasa puas dengan kinerja pemerintah pusat, dan 19,1% tidak puas, dengan 2,9% responden tidak menjawab.

Halaman:
Reporter: Aryo Widhy Wicaksono
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement