Menkes Optimistis September Indonesia Masuk Endemi

Image title
23 Maret 2022, 18:50
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan paparannya dalam rapat kerja bersama Komisi IX di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/3/2022). Rapat tersebut membahas persiapan pemerintah dalam masa transisi pandemi menuju endemi COVID-19 sek
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan paparannya dalam rapat kerja bersama Komisi IX di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/3/2022). Rapat tersebut membahas persiapan pemerintah dalam masa transisi pandemi menuju endemi COVID-19 sekaligus kebijakan pemerintah terkait vaksinasi sebagai upaya penanggulangan COVID-19.

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin optimistis status pandemi Covid-19 akan berubah menjadi endemi pada September mendatang. Namun agar hal itu dapat terwujud, perlu dipastikan tingkat reproduksi atau penularan virus berada di bawah satu, yang berarti satu orang miminal menyebarkan virus kepada satu orang lain.

Jika Indonesia bisa mencapai tingkat reproduksi di bawah satu pada akhir bulan ini, dan kondisi tersebut bertahan selama enam bulan ke depan, maka status pandemi dapat berubah menjadi endemi. “Jadi kalau Maret bisa di bawah satu, kita tarik enam bulan dari Maret,” kata Budi saat di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (23/3).

Untuk saat ini, berdasarkan data Kementerian Kesehatan, kondisi Indonesia sudah mendekati tingkat reproduksi satu, setelah sempat terjadi puncak kenaikan pada September 2021, akibat gelombang varian Delta.  

Menurut World Health Organization (WHO), ada tiga indikator untuk menetapkan tingkat reproduksi virus di bawah satu, yaitu kasus konfirmasi positif Covid-19 sebesar 20 per 100 ribu penduduk, jumlah pasien Covid-19 yang masuk rumah sakit lima per 100 ribu penduduk, serta perbandingan kasus kematian mencapai satu per 100 ribu penduduk.

“Perubahan atau transisi dari pandemi ke endemi itu tidak benar-benar ilmiah ditentukan seperti apa, tapi itu sangat blur dan sangat abu-abu,” jelas Budi.

Perubahan status dari pandemi menjadi endemi nantinya akan diumumkan Presiden Joko Widodo, berdasarkan pertimbangan kesehatan, sosial, ekonomi, politik, dan budaya. Dari sisi kesehatan, Budi akan mengusulkan kepada Presiden pertimbangan tingkat reproduksi virus di bawah satu, yang diiringi dengan jumlah vaksinasi dosis kedua sudah mencapai 70% dari total populasi.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...