Benda Mencurigakan Bukan Bom, Solo Tetap Kondusif

Aryo Widhy Wicaksono
30 Maret 2022, 14:36
Polisi berjaga di area penemuan benda yang diduga bom di Solo, Jawa Tengah, Rabu (30/3/2022). Berdasarkan analisa dan evaluasi, pihak kepolisian memastikan jika benda mencurigakan yang ditemukan tersebut bukan benda yang membahayakan, namun hanya berisi s
ANTARA FOTO/Pratama/MS/YU
Polisi berjaga di area penemuan benda yang diduga bom di Solo, Jawa Tengah, Rabu (30/3/2022). Berdasarkan analisa dan evaluasi, pihak kepolisian memastikan jika benda mencurigakan yang ditemukan tersebut bukan benda yang membahayakan, namun hanya berisi semen yang dimasukkan dalam enam pipa dan jam mainan.

Polres Kota Surakarta menyatakan benda mencurigakan yang ditemukan di Jalan Arifin, Kampung Baru, Pasar Kliwon Solo, Jawa Tengah, Rabu (30/3) pagi, bukan merupakan bom atau barang sejenis bahan peledak.

"Penemuan tas belanja kecil warna biru dengan motif bunga di depan rumah warga Kampung Baru Pasar Kliwon Solo, sekitar pukul 06.00 WIB itu, barang yang tidak berbahaya," kata Kepala Polres Kota Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjutak, usai melihat hasil penguraian dan analisis benda mencurigakan di lokasi penemuan, seperti dikutip Antara.

Kapolres menjelaskan, penemuan tas kecil yang mencurigakan ini berawal dari dua warga yang melintasi Jalan Arifin, pada pukul 06.00 WIB. 

Kedua warga tersebut mencurigai tas kecil ini dan melaporkan temuan mereka ke petugas piket di Denpom IV/4 Surakarta atau Kantor Polisi Militer (PM), karena lokasinya paling dekat dengan lokasi ditemukannya benda mencurigakan ini.

Petugas Denpon IV/4 Surakarta kemudian melaporkan ke Polresta Surakarta. Polres langsung berkoordinasi dengan tim Gegana Satuan Brimob Jateng. Benda itu kemudian dievakuasi ke Benteng Vastenburg dan diurai untuk selanjutnya dianalisa. Hasilnya diketahui tas ini hanya benda biasa dan tidak berbahaya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...