Polisi Ungkap Hubungan Bisnis Fakarich dengan Indra Kenz

Aryo Widhy Wicaksono
6 April 2022, 10:15
Tersangka kasus afiliator Binomo, Indra Kesuma atau Indra Kenz saat gelar barang bukti kasus afiliator Binomo di Bareskrim, Mabes Polri, Jumat (25/3/2022).
ANTARA FOTO/Adam Barik/Adm/rwa.
Tersangka kasus afiliator Binomo, Indra Kesuma atau Indra Kenz saat gelar barang bukti kasus afiliator Binomo di Bareskrim, Mabes Polri, Jumat (25/3/2022).

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri mengungkap hubungan bisnis di antara tersangka kasus dugaan penipuan investasi binary option atau opsi biner, menggunakan aplikasi Binomo. Tersangka yang dimaksud adalah Fakar Suhartami Pratama alias Fakarich dengan Indra Kesuma alias Indra Kenz.

“F dan IK memiliki hubungan bisnis di PT Disotiv Citra Digital, di mana IK sebagai direkturnya,” ujar Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Gatot Repli Handoko saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (6/4) dikutip dari Antara.

Berdasarkan keterangan dalam situs resminya, PT. Disotiv Citra Digital (Disotiv) merupakan agensi kreatif bidang digital yang berkantor pusat di Medan, Sumatera Utara. Perusahaan ini berdiri sejak 2020.

Perusahaan ini bergerak dalam bidang desain grafis, kreasi konten, pemasaran digital, hingga pengembangan website dan brand.

Pada halaman Linkedin, Disotiv mengaku sebagai perusahaan manajemen artis. Beberapa nama yang telah mereka lahirkan adalah Indra Kenz, Setiawan Mulia, dan Paris Pernandes.

Setiawan Mulia juga diketahui sebagai afiliator Binomo, sedangkan Paris Pernandes dikenal di media sosial berkat slogan "Salam dari Binjai".

Dari pemeriksaan yang dilakukan terhadap Fakarich pada Senin (4/4) terungkap, Indra Kenz belajar trading dari Fakarich pada 2019, dengan membayar uang kursus Rp500 ribu.

Selain itu, penyidik juga mengungkap adanya aliran dana dari Indra Kenz kepada Fakarich. “F menerima aliran dana dari rekening IK sebesar Rp1,9 miliar,” kata Gatot.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...