Total 133 WNI Berhasil Dievakuasi Keluar Ukraina

Image title
6 April 2022, 13:18
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi
Youtube/Sekretariat Presiden
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan dari total 165 Warga Negara Indonesia (WNI) di Ukraina, 133 di antaranya telah berhasil dievakuasi secara aman. Semua WNI tersebut telah tiba di tujuannya masing-masing.

"Kami bersyukur bahwa per hari ini, semua WNI yang ingin dievakuasi, telah dievakuasi dan telah tiba di Indonesia dengan selamat," jelas Retno dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (6/4).

Jumlah tersebut terdiri dari 80 WNI mengikuti evakuasi menggunakan pesawat pada gelombang pertama, 34 WNI yang dievakuasi pada gelombang lanjutan, serta 12 WNI yang melakukan evakuasi secara mandiri.

Selain itu, ada 5 WNI yang mengikuti evakuasi ke Bucharest, tetapi tidak kembali ke Indonesia. "Mereka memilih pulang ke negara residensinya, yaitu ke Rusia, Turki, Denmark, dan Qatar.

Sedangkan 2 WNI yang tadinya menolak untuk dievakuasi, pada komunikasi lanjutan diketahui telah tiba di Indonesia tetapi tidak melaporkan diri.

Sementara di Ukraina, saat ini masih ada 32 WNI yang memilih untuk tetap tinggal dan menolak dievakuasi keluar dari zona konlfik.

"Terdiri dari 23 WNI dengan alasan pribadi, termasuk keluarga, dan sisanya adalah staf KBRI yang bertugas di sana," jelas Retno.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...