Adu Tagar Pro dan Kontra Demonstrasi Mahasiswa di Media Sosial

Aryo Widhy Wicaksono
11 April 2022, 12:27
Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Se-Sumatera Selatan, mereka menolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden dan penundaan Pemilu 2024, Kamis (7/4/2022).
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/hp.
Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Se-Sumatera Selatan, mereka menolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden dan penundaan Pemilu 2024, Kamis (7/4/2022).

Sejumlah elemen mahasiswa berencana menggelar demonstrasi di berbagai wilayah Indonesia. Di ibu kota, Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan mendatangi Gedung DPR/MPR.

Ada beberapa aspirasi yang akan disampaikan mahasiswa kepada anggota legislatif, di antaranya meminta agar wakil rakyat mendengarkan aspirasi masyarakat dan tidak mengkhianati konstitusi.

Di tengah demonstrasi yang terjadi,  sebagai salah satu pengguna media sosial yang terbanyak di dunia, warganet di Indonesia turut menyampaikan pendapat mereka menyangkut persoalan ini melalui Twitter.

Terdapat tiga tema tanda pagar (tagar) yang menjadi tren topik percakapan di Indonesia, yaitu #AksiNasional114, #MahasiswaBergerak, dan #SayaBersamaJokowi. Namun dua topik terakhir yang lebih banyak digunakan.

Hingga Senin (11/4) siang, #SayaBersamaJokowi lebih banyak digunakan dengan 121 ribu lebih cuitan. Sedangkan #MahasiswaBergerak, mencapai 93,5 ribu cuitan.

Melihat tren ini, Drone Emprit meneliti percakapan di Twitter menyangkut isu tersebut yang mulai ramai sejak Sabtu (9/4).

"Emosi yang paling dominan ditampilkan klaster #MahasiswaBergerak adalah 'anticipation' berisi harapan agar mahasiswa aman selama demo," ujar Analis media sosial Drone Emprit and Kernels Indonesia, Ismail Fahmi, dalam akun Twitter pribadinya Minggu (10/4). Katadata sudah mendapatkan izin untuk mengutip hasil penelitiannya.

Sementara pada klaster #SayaBersamaJokowi, emosi yang muncul berisi kekesalan pada mahasiswa yang mau demo menurunkan Jokowi.

Halaman:
Reporter: Aryo Widhy Wicaksono
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...