Datangi DPR, Mahasiswa Minta Wakil Rakyat Tak Khianati Konstitusi

Image title
11 April 2022, 15:14
Sejumlah mahasiswa melakukan "long march" saat menggelar aksi unjuk rasa menuju Simpang Harmoni, Jakarta, Jumar (1/4/2022).
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Sejumlah mahasiswa melakukan "long march" saat menggelar aksi unjuk rasa menuju Simpang Harmoni, Jakarta, Jumar (1/4/2022).

Sejumlah elemen mahasiswa yang melakukan demonstrasi mulai memadati kawasan di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang berada di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Massa terlihat membawa beragam spanduk, yang umumnya berisi penolakan terhadap wacana penundaan pemilu dan memperpanjang masa jabatan presiden menjadi tiga periode.

Dalam orasinya, para demonstran menuntut anggota DPR untuk menjalankan fungsi mereka sebagai pengawas pemerintah. Sebab, pada beberapa aksi sebelumnya masih banyak aspirasi yang disampaikan mahasiswa belum dilaksanakan oleh pemerintah.

"Kita ingin menyadarkan wakil rakyat, agar menyampaikan aspirasi bagaimana mengawasi dan mengontrol kebijakan pemerintah kawan-kawan," ujar salah satu perwakilan demonstran dalam orasinya, Senin (11/4).

"Jangan mengkhianati konstitusi negara, jangan melakukan amandemen," lanjutnya.

Demonstrasi mahasiswa ini membuat arus lalu lintas di jalan Gatot Subroto ke arah Slipi menjadi ditutup. Massa yang mengikuti unjuk rasa ini menggunakan seluruh lajur yang tersedia.

Untuk itu kepolisian telah mengalihkan arus lalu lintas dari Jalan Gatot Subroto ke arah Gedung DPR diarahkan ke Jalan Gerbang Pemuda. Kemudian dari Jalan Gerbang Pemuda ke arah Jalan Gatot Subroto, diputarbalik di bawah jalan layang Farmasi ke Jalan Gerbang Pemuda.

Sementara arus lalu lintas dari tol dalam kota yang akan keluar di offramp Pulau Dua, diluruskan ke arah Tomang.

Dari arah Jalan Palmerah ke timur, kendaraan dari Jalan Gelora akan diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...