Ganjar dan Prabowo Populer bagi Kaum Nasionalis, Anies Dipilih Muslim

Image title
25 April 2022, 17:14
capres, ganjar, anies, muslim
ANTARA FOTO/Reno Esnir/foc.
Peserta penyadang disabilitas mengikuti simulasi pemungutan dan penghitungan suara dengan desain surat suara dan formulir yang disederhanakan untuk pemilu tahun 2024 di Halaman Kantor KPU, Jakarta, Selasa (22/3/2022).

Nama Ganjar Pranowo, Annies Baswedan, dan Prabowo Subianto menjadi tiga nama terpopuler untuk menjadi calon presiden (capres) karena memiliki elektabilitas tertinggi dalam berbagai survei.

Pada survei Charta Politika Indonesia yang dirilis hari ini (25/4), tiga nama ini kembali menempati tiga posisi teratas. Pada survei tertutup dengan 10 nama yang diajukan Charta Politika, Ganjar menjadi yang terpopuler dengan 29,2%, kemudian Prabowo menyusul dengan 23%, dan Anies memiliki 20,3%. Sisanya, tak ada nama tokoh yang mendapatkan elektabilitas lebih dari 5%.

“Tiga besar ini sangat sulit digeser dalam setahun terakhir,” kata Direktur Eksekutif Charta Politka, Yunarto Wijaya, saat merilis survei, Senin (25/4).

Jika menilik kepada responden berdasarkan pilihan partai politik, nama Ganjar dan Prabowo didukung partai berlatar belakang nasionalis, sedangkan Anies lebih populer di kalangan partai Islami.

Dari total 1.220 responden yang terlibat survei ini, mayoritas pendukung PDIP (66,8%), PKB (25,8%), dan PSI (50%) memilih Ganjar sebagai capres pilihan mereka. Selain itu, Ganjar juga cukup populer di kalangan pendukung NasDem (32,3%), Perindo (30,8%) dan Golkar (26,8%).

Sedangkan Prabowo lebih cenderung dipilih oleh pendukung Partai Gerindra (72,4%), PAN (33,3%), Partai Golkar (27,7%), dan Hanura (25%). Nama Prabowo juga cukup populer di kalangan pendukung PPP (24%),

Kemudian Anies mendapatkan dukungan mayoritas pendukung PKS (63,8%), PAN (38,9%), Nasdem (33,9%), PPP (24%), serta Demokrat (30,6%). Bahkan, seluruh pendukung PBB yang mengikuti survei ini memiliki kecenderungan memilih Anies.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...