Menhub: Antusiasme Mudik Bukti Perekonomian Bergerak

Aryo Widhy Wicaksono
1 Mei 2022, 17:20
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) memberikan keterangan terkait arus mudik 2022 di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (30/4/2022).
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) memberikan keterangan terkait arus mudik 2022 di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (30/4/2022).

Meningkatnya animo masyarakat yang mudik tahun ini menjadi indikasi perekonomian negara mulai bergulir. Sebab dari berbagai moda transportasi, terlihat terjadinya peningkatan angka pergerakan masyarakat untuk menjalankan tradisi mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Saat meninjau arus mudik di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang Selatan, Banten, Menteri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan arus penumpang mudik di bandara tahun ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahun 2019, sebelum adanya pandemi.

Advertisement

"Ini menandakan bahwa kegiatan ekonomi sudah mulai bergerak,” jelas Menhub dalam keterangan resminya, Minggu (1/5).

Pada H-3 kemarin, tercatat penumpang yang berangkat dari Bandara Soekarno Hatta mencapai 141 ribu orang. Jumlah ini lebih banyak sekitar tiga persen dari 2019.

Pada kesempatan ini, Budi Karya juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pemangku kepentingan di sektor penerbangan, karena pelaksanaan mudik tahun ini dapat berjalan lancar.

“Dengan jumlah sarana yang lebih sedikit, tetapi bisa menciptakan pergerakan yang banyak,” ujar Menhub.

Saat meninjau bandara, Menhub yang turut didampingi Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Sidarto Danusubroto, sempat berbincang dengan beberapa penumpang di terminal keberangkatan. Salah satu penumpang bernama Otto yang hari ini akan mudik ke Belitung mengungkapkan kegembiraanya karena tahun ini berkesempatan mudik dan menemui keluarga di kampung halaman.

“Kita sudah dua tahun tidak mudik jadi rasa kangen itu tidak bisa bayangkan. Terima kasih karena pemerintah atas kinerjanya dan telah memberikan kesempatan kami bisa mudik tahun ini, " ucap Otto.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement