Jasa Marga Prediksi Pendapatan Tol Naik 15% Terkerek Tren Mudik

Aryo Widhy Wicaksono
2 Mei 2022, 14:10
Foto udara antrean sejumlah kendaraan roda empat saat akan memasuki Gerbang Tol Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (30/4/2022).
ANTARA FOTO/Aji Styawan/hp..
Foto udara antrean sejumlah kendaraan roda empat saat akan memasuki Gerbang Tol Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (30/4/2022).

Meningkatnya volume kendaraan yang melewati tol saat arus mudik tahun ini, membawa dampak positif kepada PT Jasa Marga (Persero), Tbk. sebagai salah satu perusahaan pengelola tol di Indonesia.   

PT Jasa Marga (Persero), Tbk. memproyeksikan pertumbuhan kinerja keuangan pada Kuartal I Tahun 2022, akan lebih baik dibandingkan kinerja Kuartal I Tahun 2021. Pencapaian ini didorong pemulihan terhadap jumlah kendaraan yang melintasi tol, serta implementasi kebijakan Pemerintah dalam melonggarkan pergerakan masyarakat.

Advertisement

Menurut Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Jasa Marga, Ade Wahyu, kinerja perusahaannya juga membaik dengan proyeksi peningkatan pendapatan tol di Kuartal I Tahun 2022 tumbuh di atas 15% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Untuk laba bruto di Kuartal I Tahun 2022 diproyeksikan tumbuh lebih dari 9% secara YoY, dan laba berjalan juga diproyeksikan tumbuh sangat signifikan,” ungkap Ade melalui keterangan resmi Minggu (2/5).

Salah satu faktor penting yang mendorong terciptanya peningkatan ini adalah gencarnya pemberitaan positif mengenai penanganan pandemi, serta update kebijakan pemerintah menyangkut penanganannya. Hal ini juga membuat masyarakat semakin berani untuk melakukan perjalanan

Ade menambahkan, sepanjang 2021 hampir seluruh ruas jalan tol Jasa Marga Group mengalami peningkatan volume lalu lintas dibandingkan tahun sebelumnya, kecuali untuk Tol Sedyatmo yang merupakan akses langsung ke Bandara Soekarno-Hatta.

“Namun, kami melihat di Kuartal I Tahun 2022 ini, peningkatan lalu lintas di Jalan Tol Sedyatmo mencapai 25% dibandingkan dengan tahun lalu, ini sudah luar biasa. Dari segi lalu lintas, Jalan Tol Jasa Marga Group di tahun 2021 lalu memang relatif belum tumbuh jika dibandingkan dengan lalu lintas sebelum pandemi. Namun, jika dari sisi pendapatan tol, sudah melebihi dari periode sebelum pandemi,” tambahnya.

Halaman:
Reporter: Aryo Widhy Wicaksono
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement