Indonesia Akan Perkuat Kerja Sama Pertahanan dengan Nigeria

Aryo Widhy Wicaksono
2 Mei 2022, 16:27
Kendaraan tempur hasil produksi dari PT Pindad (Persero) melintas saat parade kendaraan di Komplek Pindad, Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/2/2020).
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Kendaraan tempur hasil produksi dari PT Pindad (Persero) melintas saat parade kendaraan di Komplek Pindad, Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/2/2020).

Indonesia akan memantapkan hubungan kerja sama pada bidang pertahanan dengan Nigeria, dan memfokuskan pengembangan era baru pada sektor industri.

Dalam sebuah wawancara dengan media Nigeria, Leadership, Duta besar Indonesia untuk Nigeria, Usra Harahap, menjelaskan ada beberapa kegiatan telah disepakati bersama kedua pemerintahan, seperti pertemuan pejabat tinggi dan pejabat tingkat operasional, promosi kerja sama pendidikan dan pelatihan, promosi industri pertahanan di antara para pihak, serta berbagi informasi dan intelijen.

Ke depannya untuk memperkaya lingkup kerja sama tersebut, Asosiasi Industri Pertahanan Swasta Indonesia (Pinhantanas) juga ingin berperan memenuhi kebutuhan organisasi pertahanan dan keamanan di bidang alutsista keamanan, pemeliharaan, dan layanan perawatan untuk Nigeria.

"Dengan mempertimbangkan aspek strategis pengadaan alutsista, saya melihat ada peluang untuk menggunakan mekanisme counter-trade dalam pertukaran produk industri strategis Indonesia dengan minyak mentah yang selama ini dibeli Indonesia dari Nigeria," jelasnya dalam wawancara tersebut, Senin (2/5).

Indonesia dan Nigeria juga sudah mengambil langkah untuk menandatangani kerja sama militer dan pertahanan dalam bentuk Letter of Intent (LoI). Saat ini, komunikasi dilakukan oleh Kementerian Pertahanan Nigeria, dan diharapkan prosesi penandatanganan akan diadakan tahun ini.

Menurutnya, perjanjian ini akan menjadi tonggak bersejarah dalam kerja sama ini, terutama saat kedua negara sudah siap menandatangani Kerja Sama Pertahanan Bilateral.

Halaman:
Reporter: Aryo Widhy Wicaksono
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...