Hepatitis Akut Diduga Terkait dengan Adenovirus, Apa Itu?

Aryo Widhy Wicaksono
2 Mei 2022, 21:56
Ilustrasi ruang rawat rumah sakit.
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/nym.
Ilustrasi ruang rawat rumah sakit.

Indonesia telah mengkonfirmasi tiga kasus kematian terhadap pasien anak dengan dugaan hepatitis akut. Penyakit yang hingga kini belum diketahui penyebabnya.

Ketiga pasien ini meninggal dunia dalam kurun waktu berbeda, dengan rentang dua pekan terakhir.

Kasus di Indonesia ini meningkatkan jumlah kematian global dari penyakit hepatitis akut misterius yang mempengaruhi anak-anak dari Amerika Serikat hingga Asia menjadi setidaknya empat pasien.

Para ilmuwan dunia, seperti dikutip Guardian, percaya adanya kemungkinan hubungan antara Hepatitis akut dengan infeksi adenovirus. Sebab pada sebagian besar kasus telah terdeteksi adanya adenovirus.

Meski begitu, para ilmuwan masih harus menyelidiki temuan ini lebih lanjut, untuk menemukan penyebabnya.

Hal ini karena Hepatitis bukanlah efek samping yang umum dari adenovirus. Virus tersebut biasanya menyebabkan gejala seperti pilek dan mual, sehingga para ilmuwan juga menyelidiki kemungkinan terjadinya koinfeksi yang menyebabkan gejala-gejala tersebut, termasuk dengan Covid-19, serta penyebab non-infeksi lainnya seperti keracunan makanan, obat-obatan atau terpapar zat logam.

"Kami juga sedang menjajaki apakah peningkatan kerentanan karena berkurangnya paparan selama pandemi Covid dapat berperan, atau jika ada perubahan genom adenovirus," bunyi pernyataan resmi agensi kesehatan Britania Raya atau UK Health Security Agency (UKHSA) dikutip dari Guardian Senin (2/5).

Direktur Klinis dan Infeksi UKHSA, Dr Meera Chand pun mengingatkan para orang tua agar selalu waspada meskipun risiko terkena Hepatitis terbilang rendah.

“Kami terus mengingatkan orang tua untuk waspada terhadap tanda-tanda hepatitis – terutama penyakit kuning, yang paling mudah dikenali sebagai semburat kuning di bagian putih mata – dan hubungi dokter Anda jika Anda khawatir,” jelasnya.

Lalu apa itu adenovirus?

Melansir Bloomberg, adenovirus adalah virus umum yang menyebabkan berbagai penyakit, termasuk gejala seperti pilek, demam, sakit tenggorokan, bronkitis, pneumonia, dan diare.

Halaman:
Reporter: Aryo Widhy Wicaksono
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...