Bahas Anggaran Pemilu dan PKPU, DPR Gelar Rapat Konsinyering 3 Hari

Aryo Widhy Wicaksono
13 Mei 2022, 13:53
Petugas merapikan masker yang dipasang pada diorama suasana pemungutan suara di TPS saat Pemilu di Kantor KPU Jawa Barat, Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/4/2022).
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/wsj.
Petugas merapikan masker yang dipasang pada diorama suasana pemungutan suara di TPS saat Pemilu di Kantor KPU Jawa Barat, Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/4/2022).

Komisi II DPR akan menggelar rapat konsinyering untuk membahas persiapan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) serta lembaga penyelenggara Pemilu yang melingkupi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Rapat konsinyering ini akan digelar selama tiga hari ke depan mulai hari ini, Jumat (13/5), hingga Minggu (15/3).

Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengatakan rapat konsinyering ini secara garis besar membahas empat topik yang masih belum mendapatkan kesepakatan bersama dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Hal ini meliputi anggaran, durasi kampanye, penggunaan sistem rekap digital, serta waktu penyelesaian sengketa pemilu. 

“Ada beberapa agenda rapat yang dibahas, seperti penyempurnaan rancangan Peraturan Komisi Pemilihan Umum terkait tahapan, program, dan jadwal Pemilu 2024, termasuk membahas lebih detail terkait aspek anggaran yang dinilai masih jumbo,” kata Guspardi dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (13/5), seperti dikutip Antara.

Komisi II DPR serta pemerintah sudah meminta KPU dan Bawaslu untuk melakukan efisiensi anggaran dari pengajuan awal sebesar Rp86 triliun, dan sudah dirasionalisasi menjadi sekitar Rp76 triliun.

Berikut anggaran KPU dan Bawaslu dalam APBN 2022:

“Selain itu, soal lamanya durasi masa kampanye belum disepakati KPU, pemerintah maupun DPR,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...