Hadiri G7, Menlu Retno Soroti Ketahanan Pangan Dunia Akibat Perang

Aryo Widhy Wicaksono
14 Mei 2022, 17:10
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menghadiri pertemuan para menlu G7 yang berlangsung secara daring pada Jumat (13/5).
Kemlu RI - Katadata
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menghadiri pertemuan para menlu G7 yang berlangsung secara daring pada Jumat (13/5).

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menghadiri pertemuan Menteri Luar Negeri G7 secara daring untuk membahas isu ketahanan pangan akibat perang di Ukraina, serta KTT G20 yang akan digelar November nanti di Bali, Indonesia.

Indonesia sebagai presidensi G20, menghadiri pertemuan ini dalam rangka memenuhi undangan Jerman yang memegang presidensi G7 tahun ini.

Ini merupakan pertemuan pertama presidensi G20 dengan G7 secara kelompok pada tingkat Menteri Luar Negeri.

Terkait isu ketahanan pangan, Retno menyampaikan bahwa perang di Ukraina memberikan dampak terhadap ketahanan pangan secara global. Dampak ini sangat dirasakan, terutama oleh negara-negara berkembang.

"Upaya harus dilakukan agar isu kelangkaan dan harga pangan yang tinggi dapat dicegah, termasuk tidak memasukkan pangan dalam sanksi," tulis Kementerian Luar Negeri RI dalam keterangan di situs resminya, Sabtu (14/5).

Dalam kaitan ini, Indonesia mengingatkan pentingnya pupuk untuk menjaga ketahanan pangan global.

Berikut data mengenai negara eksportir pupuk terbesar di dunia:

Sementara menyangkut pertemuan KTT G20, negara-negara anggota G7 yaitu Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris dan Amerika Serikat, memahami situasi kompleks dan sulit yang dihadapi saat ini. Semua anggota G7 juga memberikan dukungan terhadap presidensi Indonesia pada G20.

Halaman:
Reporter: Aryo Widhy Wicaksono
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...