OASA Gandeng Sojitz Bangun Pabrik Bio Propylene Glycol Pertama di RI

Aryo Widhy Wicaksono
24 Mei 2022, 02:10
Presiden Direktur PT Protech Mitra Perkasa Tbk Bobby Gafur Umar (kanan) dan Direktur PT Sojitz Indonesia Shinji Aritomo menandatangani naskah kesepahaman (MoU) antara dua perusahaan membangun industri Bio Propylene Glycol (Bio PG) pada 2023 di Jakarta, Se
Katadata
Presiden Direktur PT Protech Mitra Perkasa Tbk Bobby Gafur Umar (kanan) dan Direktur PT Sojitz Indonesia Shinji Aritomo menandatangani naskah kesepahaman (MoU) antara dua perusahaan membangun industri Bio Propylene Glycol (Bio PG) pada 2023 di Jakarta, Senin (23/5/2022).

Sebuah perusahaan swasta tengah mematangkan rencana untuk membangun pabrik Bio Propylene Glycol (Bio PG) pertama di Indonesia. Dengan investasi sebesar US$ 50 juta atau sekitar Rp 758 miliar, pembangunan pabrik ini rencananya akan dimulai tahun depan.

Bio PG merupakan bahan kimia organik yang secara luas digunakan di banyak sektor industri antara lain farmasi, makanan, kosmetik, dan industri kimia.

Advertisement

Presiden Direktur PT Protech Mitra Perkasa, Tbk. (OASA), Bobby Gafur Umar, mengatakan, langkah PT Protech Mitra Perkasa Tbk masuk ke lini industri kimia ini sejalan dengan komitmen Perseroan untuk serius ikut menghidupkan industri hijau.

"Industri yang akan kami jalani ini juga sejalan dengan komitmen ekonomi hijau yang sekarang sedang dipacu oleh pemerintah,” ujar Bobby dalam keterangan resminya, Senin (23/4).

Pembangunan pabrik ini akan membantu industri dalam negeri, karena selama ini masih mengimpor fossil-based propylene glycol.

Padahal, Indonesia memiliki potensi sangat besar sebagai produsen bio PG, karena bahan utamanya pada pabrik ini adalah gliserol. Menurut Bobby, bahan baku ini sangat mudah didapatkan karena merupakan produk samping industri biodiesel. Kini gliserol dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk memproduksi Bio PG.

Halaman:
Reporter: Aryo Widhy Wicaksono
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement