Media Terkemuka AS Turut Beritakan Hilangnya Putra Ridwan Kamil

Aryo Widhy Wicaksono
27 Mei 2022, 21:19
Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/aww.
Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil

Kepolisian Swiss terus melakukan upaya pencarian putra Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau yang akrab disapa Eril, yang hingga kini belum diketahui keberadaannya. Eril dinyatakan hilang setelah mengalami masalah saat berenang di sungai Aare, Bern, Swiss.

Peristiwa ini pun menarik perhatian salah satu media terkemuka di Amerika Serikat, Washington Post. Mengutip pemberitaannya, Juru bicara kepolisian daerah, Joel Regli, mengatakan pencarian akan terus berlanjut.

Menurut Regli Eril pada Kamis (26/5) waktu setempat, saat berenang pagi dengan dua perempuan di Sungai Aare, beberapa ratus meter ke hulu dari pusat kota.

Para perempuan juga mengalami kesulitan dan sempat terjebak saat berenang, hingga mereka diselamatkan perenang lainnya. Aparat kepolisian terus disiagakan setelah insiden ini.

Eril berada di Swiss sebagai bagian dari pencarian program master untuk melanjutkan studinya.

Pemberitaan serupa juga diangkat Swissinfo.ch, sebuah platform berita dan informasi multibahasa yang diproduksi oleh Swiss Broadcasting Corporation (SRG SSR). 

Menurut pemberitaan media tersebut, pencarian sempat dihentikan pada Kamis malam, dan dilanjutkan kembali pagi harinya.

Masih dalam pemberitaan itu, sungai dan danau Swiss memang menjadi tempat yang populer untuk berenang, sebagai bentuk rekreasi air. Kegiataan ini umum terjadi setiap musim semi dan musim panas yaitu periode Maret hingga Juli, karena iklimnya lebih hangat.

Kegiatan ini juga dilakukan para pekerja kantoran yang berlokasi di Jenewa, Basel, Bern, hingga Zurich, untuk menghabiskan istirahat makan siang mereka di sungai atau danau, dan kembali lagi setelah bekerja.

Dikutip dari World Atlas, Sungai Aare memiliki panjang 295 km. Dengan panjang tersebut, Aare menjadi sungai terpanjang kedua di Swiss setelah Sungai Rhine yang memiliki panjang 375 km.

Sungai ini berhulu dari dataran tinggi Pegunungan Alpen wilayah Bern dan bermuara di Sungai Rhine. Aliran Sungai Aare juga ikut melintasi wilayah Ibu Kota Swiss, Bern. Berikut data mengenai panjang sungai tersebut:

Meski begitu, kasus hilang akibat bermain di sungai relatif jarang, jika membandingkannya dengan populasi di Swiss. Statistik terbaru dari Swiss Life Saving Association menyatakan, bahwa 46 orang tenggelam di danau dan sungai pada 2020, jumlah ini jauh menurun dari 89 kematian tenggelam, yang tercatat pada 2003.

Reporter: Aryo Widhy Wicaksono

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...